Azamulhaq, Muhammad and W. Nariendra, Pradhana and Kumala Dewi, Nurlaela (2021) ANALISIS PENYEBAB FACTOR HUMAN ERROR (KESALAHAN MANUSIA) PADA SAAT PENGINPUTAN DATA DI PT. POS INDONESIA (PERSERO) MPC BANDUNG 40400. Laporan Kerja Praktik ( KP.13.18.21.19 ). [Experiment]
Text
2. BAB I.pdf Download (578kB) |
Abstract
KESIMPULAN 4.1. Kesimpulan Berdasarkan hasil pengolahan data penyebab faktor human error pada saat penginputan data dan tindakan human error pada saat penginputan data, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Penyebab faktor human error pada saat penginputan data, berdasarkan metode fishbone diagram ada 4 yaitu : 1. Metode - Kurangnya pengawasan manager. - Tidak ada SOP tertulis. 2. Manusia - Kurang ketelitian. - Kurang inisiatif menghadapi masalah 3. Lingkungan - Tidak menunjang konsentrasi - Suka mengobrol hal yang tidak perlu 4. Machine - Kurang perawatan - Aplikasi suka keluar sendiri Dari 4 penyebab faktor human error pada saat penginputan data yang paling dominan yaitu manusia dikarenakan kurang ketelitian, kurang inisiatif menghadapi masalah, kurang fokus pada saat penginputan data atau pada saat kerja. Dan untuk penulisan alamat paket kiriman tersebut tidak menuliskan alamat yang lengkap. 2. Tindakan human error pada saat penginputan data, berdasarkan metode 5 why’s analysis yaitu : Tindakannya yaitu melakukan penulisan manual dikertas billing (tagihan) untuk bisa melakukan mengirimkan kembali ke customer atau ketempat tujuan. Kertas billing berisi nomor barang, negara asal, jumlah jenis barang, nama pengirim, alamat pengirim, nama penerima, alamat penerima, no telfon penerima, FOB (Nilai barang), dan netto (kg). 4.2. SARAN Berdasarkan kerja praktik yang telah dilakukan, penulis memiliki beberapa saran sebagai berikut : 1. Saran Untuk Penelitian dan Kerja Praktik Untuk penelitian selanjtunya bagi mahasiswa yang akan mengikuti kerja praktik supaya penelitian ini dikembangkan dengan variasi data yang lebih luas dan beragam, agar hasil pengolahan data tersebut bisa menjadi suatu usulan baru dan pertimbangan yang jauh lebih baik. Dan sebaiknya penelitian mencari data terlebih dahulu sebelum membuat laporan kerja praktik. 2. Saran Untuk Perusahaan Secara berkala MPC Bandung 40400 melakukan evalausai terhadap produktivitas karawan yang ada dengan memperhatikan standar yang telah ditetapkan, serta mengatur layout yang memenuhi asas-asas. Dan sebaiknya lingkungan kerja MPC Bandung khususnya bagian Pos Internasional diusulkan untuk dibenahi sehingga memenuhi standar lingkungan kerja yang memadai bagi karyawan.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 15 Jun 2022 07:20 |
Last Modified: | 15 Jun 2022 07:20 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1082 |
Actions (login required)
View Item |