Jahuari, Alpian and W. Nariendra, Pradhana and Kumala Dewi, Nurlaela (2021) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP JASA PENGIRIMAN DENGAN METODE AHP PADA PT. POS MPC BANDUNG 40400 LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.18.21.48 ). [Experiment]
Text
02. BAB 1.pdf Download (163kB) |
Abstract
KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Hasil dari pengolahan data dan analisis kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dapat disimpulkan bahwa, diketahui pada penelitian ini digunakan beberapa kriteria yaitu bukti fisik (tangible), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), dan perhatian (empaty) yang merupakan bagian pelayanan dari PT Pos MPC Bandung 40400. Setiap kriteria memiliki nilai bobot masing-masing yang didapat dari hasil analisis menggunakan metode AHP. Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis adalah lain: a. Bobot final berdasarkan kriteria : 1. Bukti fisik (tangible) pada sub kriteria fasilitas dan penampilan yang artinya memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dan hal tersebut merupakan hal yang konkret dengan bobot final 33%. 2. Kehandalan (reliability) pada sub kriteria waktu dan transaksi yang artinya memberikan layanan bagi pelanggan dengan hal-hal yang berkaitan dengan harapan konsumen dengan bobot final 30%. 3. Daya tanggap (responsiveness) pada sub kriteria pelayanan dan prosedur yang artinya perusahaan memberikan layanan yang responsive terhadap semua keinginan pelanggan dan diikuti juga dengan penyampaian yang runtut dan mudah dimengerti dengan bobot final 13%. 4. Perhatian (empaty) pada sub kriteria komunikasi dan sikap yang artinya perhatian yang tulus dan dekat kepada pelanggan dengan bobot final 24%. b. Kriteria yang menjadi prioritas : Maka kriteria yang menjadi prioritas dalam kualitas pelayanan pada kepuasan pelanggan terhadap jasa pengiriman pada PT. Pos MPC Bandung 40400 yaitu bukti fisik (tangiable) dengan bobot final sebesar 33%. 4.2 Saran Berdasarkan dari permasalahan yang diangkat dalam laporan kerja praktik ini yaitu mengenai pengaruh kepuasan pelanggan terhadap beberapa kriteria maka penulis dapat memberikan saran sebagai berikut: 1. Berdasarkan dari perolehan nilai bobot final dari keempat kriteria untuk kepuasan pelanggan pada kriteria daya tanggap (responsiveness) dengan bobot final paling rendah yaitu sebesar 13%. Perlu ditingkatkan kembali kualitas pelayanan dari segi pelayanan dan prosedur pada PT. Pos MPC Bandung 40400. 2. Untuk penelitian selanjutnya,penulis menyarankan untuk meneliti lebih banyak kriteria dan sub kriteria lainnya dan menggunakan metode yang berbeda
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 02:42 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 02:42 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1113 |
Actions (login required)
View Item |