ANALISIS PERBANDINGAN RATA-RATA EMS DAN RLN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) MPC BANDUNG 40400 LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.18.21.57 )

Aditya J Yusmar, Tegar and W. Nariendra, Pradhana and Kumala Dewi, Nurlaela (2021) ANALISIS PERBANDINGAN RATA-RATA EMS DAN RLN PADA PT. POS INDONESIA (PERSERO) MPC BANDUNG 40400 LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.18.21.57 ). [Experiment]

[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (171kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Berdasarkan dari pengolahan data dan analisis dapat disimpulkan bahwa, pada penelitian ini digunakan analisis dengan metode perbandingan rata-rata pada pengiriman via EMS dengan menggunakan pengiriman via RLN. Pada pengiriman via EMS terdapat dua pengiriman yaitu pengiriman EMS reguler dan pengiriman EMS jumbo. Adapun hasil analisis menggunakan metode perbandingan rata-rata pada bulan Juli adalah sebagai berikut: a. Jumlah pengiriman barang via EMS sebesar 74 item kiriman b. Jumlah pengiriman barang via RLN sebesar 41 item kiriman Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa analisis menggunakan metode perbandingan rata-rata pada pengiriman menggunakan via EMS lebih besar 44,59% dibandingkan dengan pengiriman menggunakan via RLN. Maka pengiriman barang yang lebih banyak diminati oleh konsumen yaitu pengiriman menggunakan via EMS. Pengiriman dokumen/barang menggunakan pelayanan via EMS lebih cepat dibandingkan menggunakan via RLN. Pengiriman via EMS bias mengirim dokuman/barang lebih dari tiga kilogram sedangakn pengiriman dokumen/barang menggunakan via RLN hanya bias maksimal tiga kilogram. Akan tetapi pengiriman menggunakan via RLN lebih murah dibandingkan dengan EMS. Ternyata kiriman RLN itu masih banyak, dari sisi info tenaga RLN itu pengerjaanya tidak jauh beda dengan EMS maka disarankan kedepan untuk lebih lagi memperhatikan/mendorong bagaimana penjagaan kualitas EMS sehingga lebih banyak lagi konsumen mengirimkan barang menggunakan EMS dibandingkan RLN. Di usahakan agar supaya lebih banyak lagi konsumen menggunakan EMS, karena dari sisi penghasilan untuk mengkumpulkan laba jauh lebih baik dan pencitraan jauh lebih baik. 4.2 Saran Berdasarkan dari permasalahan yang diambil dari laporan kerja praktik ini yaitu analisis perbandingan rata-rata EMS dengan RLN pada PT Pos Indonesia (Persero) MPC Bandung 40400. Adapun saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah: a. Penulis menyarankan perusahaan dapat melakukan analisis untuk seluruh jenis pengiriman untuk memperoleh nilai average secara keseluruhan. b. Perusahaan agar lebih memperhatikan konsumen yang menggunakan jasa pengiriman via RLN untuk menambah pelayanan pengiriman agar bisa mengirim barang lebih dari tiga kilogram c. Penulis menyarankan untuk penelitian selanjutnya untuk menganalisis menggunakan metode perbandingan rata-rata data yang digunakan lebih dari satu bulan

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:06
Last Modified: 16 Jun 2022 03:06
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item View Item