USULAN PERBAIKAN LAYOUT GUDANG LOGISTIK DENGAN METODE KLASIFIKASI ABC PADA PT PHALOSARI UNGGUL JAYA LAPORAN KEREJA PRAKTIK/MAGANG ( KP.16.18.21.40 )

PANDYA KIRANA, FIDELLA and Nur Siswanto, Budi (2021) USULAN PERBAIKAN LAYOUT GUDANG LOGISTIK DENGAN METODE KLASIFIKASI ABC PADA PT PHALOSARI UNGGUL JAYA LAPORAN KEREJA PRAKTIK/MAGANG ( KP.16.18.21.40 ). [Experiment]

[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (490kB)

Abstract

BAB IV PENUTUP 4.1 Deskripsi Kegiatan Kerja Praktik/Magang 1. Gudang Logistik Gudang Logistik PT Phalosari Unggul Jaya ada 2 yaitu yang berada di kantor unit 1 (RPA 1) dan kantor unit 2 (RPA 2). Berikut adalah penjabaran kegiatan penulis selama kerja praktik/magang di kedua unit kantor tersebut : A. Gudang Logistik Unit 1 Gudang logistik di unit 1 berisikan kebutuhan-kebutuhan yang berkaitan dengan produksi dan kantor. Pemesanan barang yang dibutuhkan untuk produksi dan staff kantor dilakukan oleh admin purchasing dengan membuat rencana kebutuhan sebelumnya, lalu baru menghubungi vendor�vendor plastik, karung, dll. Ketika barang yang dipesan sudah sampai maka yang membongkar muatan adalah pihak vendor dan pihak logistik, apabila terjadi ketidaksesuaian maka karyawan gudang akan melaporkan ke pihak admin purchasing kemudian diadukan ke pihak vendor. Staff gudang setiap hari akan mencatat daftar stok barang keluar dan apabila ada barang masuk. Daftar stok barang produksi dan non produksi setiap akhir bulan akan di setor ke admin gudang. Keperluan barang yang mendadak atau kondisional akan diajukan menggunakan proposal ke bagian purchasing untuk di periksa dan dikonfirmasi sebelum dibelanjakan oleh staff gudang. Selama penulis melakukan kerja praktik disini, penulis ditugaskan untuk memasukkan data stok barang setiap harinya kemudian membantu staff gudang untuk menyediakan keperluan produksi seperti berbagai jenis ukuran dan jenis plastik, karet gelang, karung untuk packing. B. Gudang Logistik Unit 2 Sistem pergudangan yang ada di unit 2 kurang lebih sama hanya saja yang membedakan yaitu apabila ada kebutuhan mendadak atau kondisioanl yang bertugas membuat proposal yaitu bagian purchasing kemudian yang membelanjakan adalah staff gudang. Selama penulis melakukan kerja pratik, penulis ditugaskan untuk memasukkan data stok barang setiap harinya kemudian membantu staff gudang untuk menyediakan keperluan produksi IV-2 seperti berbagai jenis ukuran dan jenis plastik, karet gelang, karung untuk packing. 2. Divisi Purchasing Unit 1 Pada divisi ini pekerjaan yang dilakukan yaitu membeli mulai dari bahan baku dan kebutuhan produksi, kebutuhan kantor, kebutuhan mekanik. Sebelum pembelian kebutuhan produksi dan non produksi, admin purchasing akan menyusun daftar pembelian barang yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, admin purchasing juga bertugas membuat daftar vendor penyedia barang dan bahan baku lalu menghubungi vendor untuk mendapatkan penawaran harga. Admin purchasing harus membuat arsip mengenai dokumen pemesanan atau purchase order dan bisa berkomunikasi dengan baik pada bagian logistik dan bagian keuangan. Selama penulis melakukan kerja pratik, penulis ditugaskan untuk menghitung susut ayam hidup setiap ada penerimaan ayam hidup sebagai bahan baku produk di PT Phalosari Unggul Jaya sebelum dimasukkan datanya ke laporan produksi harian. Selain itu, penulis ditugaskan untuk menghitung kesesuai berat ayam yang ada di surat jalan pengiriman ayam hidup dari hasil hitung timbangan berat ayam yang dikirim vendor setiap truk pengangkut ayam hidup datang yang nantinya akan dibandingkan juga dengan berat ayam hidup hasil timbangan karyawan bagian penerimaan ayam yang ada di RPA. Penulis juga diajarkan cara membuat pemesanan ayam hidup (purchase order) dan plastik dengan menggunakan accurate. 3. Admin Penjualan Penulis diarahkan untuk kerja praktik/magang selama satu minggu di bagian admin penjualan. Pada bagian ini penulis diajarkan untuk membuat sales order dengan menginput data permintaan customer ke accurate kemudian mencetak lembar sales order tersebut sebelum di tanda tangani oleh admin penjualan. 4. Admin pergudangan (Cold Storage) Penulis diarahkan untuk kerja praktik/magang selama satu minggu ke bagian admin gudang. Di bagian ini penulis diajarkan untuk memasukkan data stok produk yang masuk dan keluar gudang (cold storage) ke dalam master excel yang sudah disediakan oleh perusahaan. Setelah sudah dimasukkan semuanya, maka selanjutnya hasil stok produk (harian) dimasukkan pada kartu stok di excel IV-3 yang sudah disiapkan perusahaan sebelum dikirimkan laporannya kepada kepala gudang dan kepala admin melalui email. 5. Admin Produksi Penulis diarahkan untuk kerja praktik atau magang selama dua minggu ke bagian admin produksi. Di bagian ini penulis diajarkan untuk memasukkan data produksi namun tidak keseluruhan proses produksi. Penulis hanya diberi tugas untuk menghitung terlebih dahulu berat ayam dan ekor ayam yang ada pada telly sheet proses serah terima karkas, proses MDM dari bahan danhasilnya, produk sampingan, produksi HFC, dan terakhir yaitu proses penimbangan karkas. Sebagai gambaran telly sheet yang digunakan sebagai berikut : Tabel 4. 1 Contoh Telly Sheet Ukuran ayam : Ekor Berat Ayam Setelah dijumlahkan sesuai dengan ukuran dan jenis produknya kemudian hasil tersebut akan dimasukkan ke master excel yang sudah disediakan oleh perusahaan. Pada proses memasukkan data ini hanya admin produksi saja yang diperbolehkan untuk menginput data dan mengolahnya, penulis hanya diberitahu jika seluruh data proses produksi telah di olah kemudian akan dibuatkan laporan harian yang akan dikirimkan melalui email pada kepala admi

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:12
Last Modified: 16 Jun 2022 03:12
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1126

Actions (login required)

View Item View Item