Mubarak, Amri and Wahyu Nariendra, Pradhana and Syafrianita, Syafrianita (2021) PENENTUAN TARIF PENGIRIMAN BAJA DARI CILEGON MENUJU PT. KRAKATAU STEEL SURABAYA LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.18.21.60 ). [Experiment]
Text
BAB I_Amri Mubarak_13118003.pdf Download (185kB) |
Abstract
KESIMPULAN DAN SARAN 4.1. Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa : 1. Dalam laporan ini menggunakan perhitungan metode BOK meliputi biaya fixed cost dan biaya variable cost. Pada biaya fixed cost meliputi komponen seperti depresiasi, pajak kendaraan/STNK, biaya uji pemeriksaan KIR, asuransi, gaji supir, makan supir. Untuk biaya variable cost meliputi komponen biaya bahan bakar solar, biaya bang luar dan ban dalam, biaya overhaul, biaya service keseluruhan seperti pergantian oli mesin, oli gardan, oli perseneling, filter oli, kampas rem depan dan belakang, air below, dan adapun biaya lain – lainnya. Biaya lainnya meliputi alat – alat bongkar muat. Komponen alatnya seperti rantai, rachet, tambang, balok, balok ganjal ban, terpal, tatakan, karet konveyor, dan karet penumpu rantai. Setelah dilakukan perhitungan Biaya Operasional Kendaraan, adapun biaya lainnya seperti : Gross Profit Margin, biaya tol, PPH, dan PPN. 2. Untuk besaran tarif yang sudah dihitung dalam menggunakan metode Biaya Operasional Kendaraan (BOK), terdapat hasil Rp. 21.642.168/trailer/rit. Hal ini merupakan besaran tarif dalam pengiriman barang baja dari Cilegon menuju PT. Krakatau Steel Surabaya dengan jarak 1.862 km (Pulang – Pergi) membutuhkan waktu 5 hari. Dan menggunakan jenis kendaraan trailer volvo fm12-420 membawa muatan 50 ton. 3. Hasil perhitungan dengan menggunakan metode BOK yaitu Rp. 21.642.168/trailer/rit. Sedangkan hasil penentuan tarif pada perusahaan sebesar Rp. 19.702.000/trailer/rit. Maka dari itu penentuan tarif menggunakan metode BOK lebih tinggi dibandingkan dengan penentuan tarif dari perusahaan. Hal ini dikarenakan pada metode BOK di dasari dari komponen biaya variabel cost dan biaya fixed cost. Sedangkan penentuan tarif perusahaan di dasari dari biaya UJO atau biaya Uang Jalan Operasional. Karena perusahaan bisa bersaing dengan kompotitor lainnya dengan penentuan tarif yang berdasarkan dari biaya UJO dan tidak dapat bersaing dengan penentuan tarif menggunakan metode BOK. Tetapi pada perusahaan BCS Logistic, walaupun berdasarkan dengan biaya UJO kelayakan kendaraan operasional lebih diutamakan dan keselamatan kendaraan pun di utamakan. Maka dari itu perusahaan BCS Logistic melakukan penentuan tarifnya berdasarkan dari Biaya UJOnya. 4.2. Saran Berdasarkan pada penulisan laporan Kerja Praktik ini ada beberapa saran yang akan dituangkan yaitu : 1. Dengan berkembangnya teknologi digital, saran dari peneliti untuk BCS Logistics membuat sistem pengiriman dan sistem tracking melalui dari website sehingga proses perhitungan penentuan tarif tidak lagi manual dan untuk costumer yang ingin mengetahui harga pengiriman bisa mendaftarkan diri ke website perusahaan BCS Logistic dan bisa langsung mengetahui berapa sih harga pengiriman dengan menggunakan beberapa moda transportasi yang di punyai oleh perusahaan BCS Logistic. Dari website tersebut memudahkan pekerja para analisis penentuan tarif di perusahaan BCS Logistcs dan costumer lainnya. 2. Saran untuk BCS Logistics adalah meningkatkan layanan pada pengiriman barang. Sehingga BCS Logistics mempunyai ciri khas khusus dibandingkan kompotitor lainnya.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 03:13 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 03:13 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1128 |
Actions (login required)
View Item |