Satria Nugraha, Muhammad and W. Nariendra, Pradhana and kumala dewi, nurela (2020) ANALISIS PENENTUAN RUTE DISTRIBUSI PENGIRIMAN BARANG DARI MPC BANDUNG KE DISTRIBUSI CENTER MENGGUNAKAN METODE VRP ( KP.13.17.20.26 ). [Experiment]
Text
BAB I.pdf Download (140kB) |
Abstract
KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Berdasarkan analisis yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Berdasarkan perhitungan dengan rute usulan, maka biaya transportasi rata-rata yang menurut saya paling optimal adalah sebesar Rp 10.459.021 dengan besaran selisih Rp 29.916.725 bila dibandingkan dengan rute existing yang bernilai rata-rata sebesar Rp 40.375.747. 2. Jarak tempuh yang digunakan di rute eksisting adalah 387,40 KM , sedangkan jika menggunakan rute usulan jarak yang ditempuh adalah 258.8 KM dengan selisih 128.60 KM 3. Rute usulan hari kams dimulai dari MPC ke DC sekejati dan terakhir DC Majalaya dengan menggunakan 7 mobil, lalu rute usulan hari jumat dariMPC menuju Dc sekejati dan terakhir DC Majalaya dengan menggunakan 6 mobil dan terakir usulan hari sabtu dari MPC ke DC Sekejati dan terakhir DC Majalaya dengan menggunakan 6 mobil saja. 4.2 Saran Berdasarkan pada penulisan laporan Kerja Praktik ini ada beberapa saran yang diajukan yaitu : 1. Untuk Perusahaan : • PT Pos Indonesia sebaiknya dapat menganalisis rute distribusi kebutuhan akan kendaraan angkut yang berdasarkan Load factor, Jarak tempuh antar DC-MPC, besaran biaya transportasi yang dibutuhkan untuk pendistribusian ke tiap Distribution Center, yang kemudian segera direalisasikan yang bertujuan agar memberikan nilai ekonomis lebih baik kepada pada MPC Bandung 40400 agar penerapannya dapat berjalan secara efektif dan efisien. • Pada PT Pos Indonesia sebaiknya melakukan evaluasi kinerja pada setiap bagian sehingga ditemukan setiap kendala dan permasalahan di setiap masing-masing bagian tersebut dan dapat diterapkan hasil dari 43 evaluasi tersebut sehingga memberikan hasil yang maksimal. 2. Untuk Penelitian Dan Kerja Praktik : • Penelitian dapat digunakan untuk mengukur seberapa efektif dan efisien kah rute yang sedang diterapkan perusahaan serta apa saja kelemahannya yang nantinya dalam penerapan dan pengoperasiannya dapat meningkatkan nilai ekonomis dari sistem yang sedang berjalan pada MPC Bandung 40400. • Saran untuk Prodi Manajemen Transportasi yaitu agar mahasiswa lebih diarahkan untuk melakukan kerja praktik dalam situasi penerapan kebiasaan baru (new normal). • Mahasiswa dapat lebih aktif dalam melakukan kerja praktik dan lebih kritis lagi pada perusahaan tempat dilaksanakannya kerja praktik agar didapat permasalahan baru yang dapat dijadikan topik laporan Kerja praktik.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 07:02 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 07:02 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1206 |
Actions (login required)
View Item |