Hari Safitri, Mustika and Wahyu Nariendra, Pradhana and Ramadhan Nurwandara, Johan (2020) ANALISIS KEGIATAN OPERASIONAL APRON MOVEMENT CONTROL DI PT. ANGKASA PURA I (PERSERO) BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA ( KP.13.17.20.3 ). [Experiment]
Text
BAB I.pdf Download (398kB) |
Abstract
KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan pada bab 3, didapat kesimpulan sebagai berikut : 1. Marka pada Apron atau Parking seharusnya tidak boleh dibiarkan jika sampai hilang atau terlihat tidak jelas. Sesuai SOP (Standar Operasi Prosedur) yang berlaku, marka pada Apron atau Parking Stand harus terlihat cukup jelas untuk pilot serta petugas Ground Handling Airlines. Faktor yang menyebabkan marka rusak pada apron parking stand 08 yaitu materials, process, people dan methods. -Materials, yang dimaksud adalah marka di apron biasanya akan rusak diakibatkan oleh tumpahan atau tetesan Bahan Bakar Minyak. -Process, berupa sistem manajemen kurang bagus yang meliputi kurangnya sistem pengawasan apron serta saat pengecekan apron jarang memperhatikan marka apron. -People, yang dimaksud adalah kekurangan SDM dan juga kelalaian petugas. petugas AMC di Bandara Adisutjipto saat ini setiap harinya hanya berjumlah 2 orang dengan total keseluruhan petugas AMC berjumlah 5 orang. Kelalaian petugas yang dimaksud adalah bahwa jarang memperhatikan marka yang ada di apron, mungkin karena penerbangan saat ini tidak seramai dulu -Methods, prosedur kerja belum sesuai karena jika dilihat dari SOP yang ada, untuk pengecekan apron sendiri seharusnya dilakukan di pagi hari, siang hari dan sore hari. Namun saat ini sangat jarang sekali petugas AMC untuk melakukan pengecekan apron terutama pengecekan marka apron. Setelah permasalahan diketahui dengan diagram cause-effect, penulis memberi masukan agar petugas AMC lebih memperhatikan marka yang rusak akibat tumpahan atau tetesan BBM dan juga menjalankan prosedur kerja yang sesuai dalam pengecekan apron terutama marka apron. 2. Sistem web SIOPSKOM Adisutjipto untuk penginputan data flight and pax yang sering trouble disebabkan oleh bagian IT Bandara yang kurang memperhatikan web SIOPSKOM dan juga pihak petugas Apron Movement Control (AMC) tidak segera mengkomunikasikan kepada bagian IT untuk dilakukan penyelesaian. Solusi untuk permasalahan seperti ini penulis memberi masukan diharapkan untuk petugas AMC on duty dapat peka terhadap permasalahan yang ada dan segera mengkomunikasikannya dengan bagian IT mengenai permasalahan yang terjadi. 4.2 Saran Berikut adalah saran dari penelitian ini yaitu : 1. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan data-data yang lebih banyak lagi dan tentunya lebih spesifik. 2. Untuk pihak program studi S1-Manajemen Transportasi diharapkan untuk program kerja praktik angkatan selanjutnya dapat diberikan rekomendasi perusahaan yang lebih banyak lagi. 3. Untuk PT. Angkasa Pura 1 (Persero) Bandar Udara Adisutjipto diharapkan dapat memperbaiki sistem manajemen yang di apron serta lebih peka terhadap masalah yang ada di apron
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 07:39 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 07:39 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1215 |
Actions (login required)
View Item |