Najib, Muhammad and W. Nariendra, Pradhana and Tuhu Prasetyo, Teguh (2020) ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN DI RUAS JALAN KABUPATEN BOYOLALI ( KP.13.17.20.5 ). [Experiment]
Text
BAB I.pdf Download (180kB) |
Abstract
KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan 4.1.1. Arus lalu lintas Berdasarkan tabel 3. 7 (pengambilan data) yang berisi tentang pebandingan ITP dari kecepatan arus dan ITP dari volume lalu lintas, dapat disimpulkan bahwa arus lalu lintas ruas jalan di Kabupaten Boyolali masih tergolong dalam kondisi yang layak dan belum perlu dilakukan penanganan – penanganan yang serius, begitu juga untuk tingkat Pelayanan pada ruas jalan di Kabupaten Boyolali masih tergolong sangat baik, hanya saja beberapa ruas jalan perlu perbaikan dikarenakan ada beberapa jalan yang berlubang sehingga menghambat laju kendaraan. Selain itu, ada satu jalan yang perlu penanganan serius yaitu ruas jalan Logerit – Tempel. 4.1.2. Skenario Peningkatan Tingkat Pelayanan Skenario yang peneliti usulkan berdasarkan pada Peraturan Pemerintah No. 34 tahun 2006 pasal 18 ayat (1) dapat digunakan dalam penyelesaian masalah pada ruas jalan di Kabupaten Boyolali yang mana dalam pasal tersebut disebutkan bahwa lebar jalan minimal untuk jalan 2/2 UD harus memiliki lebar paling tidak 9 meter secara total. Pengolahan data berdasarkan UU tersebut dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan tingkat pelayanan ruas jalan Logerit – Tempel. Berikut hasil optimasi setelah dilakukan pengoptimalan ruas jalan : Tabel 4. 1 Tabel Hasil Optimasi Ruas Jalan No Ruas Jalan Panjang Segmen (Km) Lebar (m) Tipe Hambatan Samping Fungsi 1 CEPOGO - TOMPAK 8,32 4 2/2 UD VL Kolektor Sekunder 2 LOGERIT - TEMPEL 1,75 9 2/2 UD H Kolektor Sekunder 3 RANDUSARI - KOPEN 4,92 5 2/2 UD VL Kolektor Sekunder 4 JL. SUDIRMAN 0,785 15 4/2 D M Arteri Sekunder 5 AMPEL - JETIS 4,42 4 2/2 UD VL Kolektor Sekunder 6 SONOLAYU - NGANGKRUK 4,7 5 2/2 UD L Kolektor Sekunder 7 NGEPOS - KEBONBIMO 5,75 5 2/2 UD M Kolektor Sekunder (Sumber : Pengolahan Data Pribadi) 38 4.2 Saran a. Penelitian ini dilakukan dalam masa pandemi Covid – 19, alangkah baiknya penelitian selanjutnya dilakukan pada kondisi normal mengingat pada kondisi pandemi Covid – 19 ini masyarakat dihimbau untuk mengurangi intensitas bepergian. b. Penelitian ini hanya dilakukan pada beberapa ruas jalan, untuk kedepannya ruas jalan yang diambil bisa ditambah atau mungkin bisa diambil secara kesulurah untuk semua ruas jalan di Kabupaten Boyolali.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 07:52 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 07:52 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1218 |
Actions (login required)
View Item |