Amelia, Riris and W. Nariendra, Pradhana and Eka Lestiani, Melia (2019) ANALISIS PENGARUH JUMLAH PENERBANGAN DAN HARGA TIKET TERHADAP PERILAKU MINAT KONSUMEN PADA MASKAPAI WINGS AIR DISTRIK BIMA ( KP.13.16.19.4 ). [Experiment]
Text
BAB III.pdf Download (510kB) |
Abstract
KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Berikut kesimpulan dari hasil pengolahan data yang telah dilakukan : 1 Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi berganda diperoleh bahwa jumlah penerbangan (flight) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku minat konsumen. Dari hasil perhitungan nilai Sig. untuk pengaruh (X1) terhadap (Y) adalah sebesar 0,029 < 0,05, dan nilai thitung 2,243 > ttabel 2,00173. Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh X1 terhadap Y diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa jumlah penerbangan (flight) dipertimbangkan oleh penumpang Wings Air Distrik Bima Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin dalam berperilaku pembelian. 2 Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi berganda diperoleh bahwa harga tiket tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku minat konsumen. Dari hasil perhitungan nilai nilai Sig. untuk pengaruh (X2) terhadap (Y) adalah sebesar 0,100 > 0,05 dan nilai thitung 1,670 < ttabel 2,00172. Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh X2 terhadap Y ditolak. Hal ini mengindikasikan bahwa harga tiket bukanlah hal yang dipertimbangkan oleh penumpang Wings Air Distrik Bima Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin dalam berperilaku pembelian. 3 Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hasil bahwa secara simultan jumlah penumpang dan harga tiket berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku minat konsumen maskpai Wings Air Distrik Bima Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin. Dari hasil perhitungan nilai Sig. untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan terhadap Y sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai fhitung 6,630 > ftabel 3,15. Berdasarkan Hipotesis Ketiga yang 2 menyatakan bahwa terdapat pengaruh jumlah penerbangan dan harga tiket terhadap perilaku pembelian konsumen diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa jumlah penerbangan dan harga tiket dipertimbangkan oleh penumpang Wings Air Distrik Bima Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin dalam berperilaku pembelian. 4 Dari hasil pengolahan data dapat diketahui koefisien determinasi (R square) rata-rata sebesar 0,186. Dari hasil perhitungan tersebut maka dapat diartikan bahwa sebesar 18,6% perilaku pembelian konsumen dapat dijelaskan oleh kedua variabel bebas yang terdiri dari jumlah penerbangan (flight) dan harga tiket, sedangkan sisanya sebesar 81,4% dapat dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. 4.2 Saran Berdasarkan pada permasalahan yang diangkat saat melaksanakan kerja praktik, maka dari itu penulis memberikan saran sebagai berikut : Untuk saran yang terkait dengan hasil analisis yang telah dilakukan sebelumnya yaitu agar menambah kembali variabel – variabel yang sekiranya berpengaruh terhadap Perilaku Pembelian Konsumen pada maskapai Wings Air Distrik Bima Bandar Udara Sultan Muhammad Salahuddin, agar hasil yang didapatkan lebih signifikan lagi. Sedangkan saran untuk tempat kerja peraktik, diharapkan untuk lebih memperhatikan variabel-variabel yang akan memberikan pengaruh terhadap jumlah penumpang bagi maskapai Wing Air Distrik Bima itu sendiri, baik berupa Jumlah Penerbangan, Harga Tiket maupun Perilaku Konsumen. Informasi semacam ini perlu disebarkan dan dikuasai sebagai bahan analisis dan pertimbangan bagi perusahaan tempat kerja praktik.. Kemudian, untuk program studi Manajemen Transportasi Sekolah Tinggi Manajemen Indonesia dalam mengatasi keterbatasan mahasiswa saat kerja praktik pada tahun selanjunya, sangat diharapkan untuk mepermudah memberikan akses dalam pencarian perusahaan tempat keja praktik dan diharapkan juga diadakan tes masuk ke perusahaan – perusahaan yang bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 21 Jun 2022 08:01 |
Last Modified: | 21 Jun 2022 08:01 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1220 |
Actions (login required)
View Item |