ANALISIS KETERLAMBATAN SURAT JALAN TERHADAP ALUR KEGIATAN ADMINISTRASI DOMESTIC TRUCKING PADA PT. MULTI TERMINAL INDONESIA CABANG SEMARANG LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.16.19.60 )

Luhur, Nurdin Anggoro and Wahyu Nariendra, Pradhana and M. Pakpahan, Hartati (2019) ANALISIS KETERLAMBATAN SURAT JALAN TERHADAP ALUR KEGIATAN ADMINISTRASI DOMESTIC TRUCKING PADA PT. MULTI TERMINAL INDONESIA CABANG SEMARANG LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.16.19.60 ). [Experiment]

[img] Text
BAB III.pdf

Download (257kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 4.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil pengolahan data pada permasalahan keterlambatan surat jalan di PT. Multi Terminal Indonesia Cabang Semarang dapat dipecahkan dengan menggunakan metode diagram Fishbone, sehingga dapat dianalisis sebagai berikut: Pada permasalahan keterlambatan surat jalan mengakibatkan terhambatnya pekerjaan admin domestic trucking untuk pembuatan job 3PL Star One yang digunakan untuk pengajuan uang operasional, job CFM Monee 7 digunakan untuk pertanggung jawaban pembayaran uang muka atau DP yang sudah dibayar oleh customer, pembuatan job CFM Monee 7 yang digunakan untuk pertanggung jawaban uang operasional dalam pembayaran job sopir, dan pekerjaan pembuatan job promorma invoice yang digunakan untuk penagihan pembayaran terhadap customer. Keterlambatan pengembalian surat jalan disebabkan oleh faktor sopir yang kurang memerlukan komunikasi yang efektif terhadap operasional domestic trucking agar dapat dimengerti pesan-pesan tentang pekerjaan. Selanjutnya disebabkan pada faktor Environment karena kondisi lalu lintas begitu ramai dan tidak memungkinkan pengembalian surat jalan tidak tepat waktu, dan faktor penyebab permasalahan yang terakhir adalah timbul dari kondisi jalan yang tidak mewadahi untuk dilewati kendaraan besar, sehingga mengakibatkan kesulitan berkendara melewati kondisi jalan tersebut. Jadi untuk mengatasi masalah pada permasalahan tersebut adalah PT. Multi Terminal Indonesia Cabang Semarang harus sudah bekerja sama dengan pihak jasa kurir untuk meminimalisir permasalahan pada pengembalian surat jalan. 1.2. Saran Penulis memberikan saran untuk pengolahan data dengan menggunakan metode Fishbone dan terhadap PT. Multi Terminal Indonesia Cabang 27 Semarang yang mempunyai hambatan permasalahan tentang keterlambatan pengembalian surat jalan sebagai berikut. 28 1.2.1. Saran untuk Pengolahan Data dan PT. Multi Terminal Indonesia Cabang Semarang Jadi untuk mencegah keterlambatan pengembalian surat jalan yang paling penting adalah memberi pengarahaan atau briefing terhadap sopir apabila pengembalian surat jalan diberikan batas waktu selama tiga hari. Apabila pemecah masalah tersebut tidak bisa untuk membenahi keterlambatan surat jalan maka langkah yang paling tepat adalah begitu pengiriman sampai ke tujuan customer langkah awal yang baik adalah pihak sopir memberikan surat jalan terhadap customer untuk memberi tanda tangan surat jalan, dan pihak sopir juga harus memberikan tanda tangan juga pada bagian lembar surat jalan untuk mengakhiri job pengiriman domestick trucking. Setelah pihak sopir dan pihak customer menandatangani surat jalan, maka sopir harus mengembalikan surat jalan dengan cara mengirim dokumen surat jalan terhadap pihak kurir untuk meminimalisir keterlambatan surat jalan, akan tetapi pihak PT. Multi Terminal Indonesia Cabang Semarang harus sudah bekerjasama terlebih dahulu oleh pihak kurir agar tidak memberikan beban pembayaran terhadap sopir

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:52
Last Modified: 21 Jun 2022 08:52
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1229

Actions (login required)

View Item View Item