ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING FASILITAS TERMINAL PENUMPANG (LAND SIDE) PADA BANDARA INTERNASIONAL KUALANAMU ( KP.13.15.18.10 )

Febrina, Devi (2018) ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING FASILITAS TERMINAL PENUMPANG (LAND SIDE) PADA BANDARA INTERNASIONAL KUALANAMU ( KP.13.15.18.10 ). [Experiment]

[img] Text
BAB 1.docx

Download (30kB)

Abstract

1 Kesimpulan Dari hasil analasis strategi yang diperoleh dengan menggunakan analisis SWOT dapat meningkatkan daya saing fasilitas terminal penumpang (land side) pada Bandara Internasional Kualanamu, seperti: 1. Strategi yang digunakan Bandara Internasional Kualanamu harus ditingkatkan lagi fasilitas-fasilitas yang modern seperti SCP body sensor untuk menambah kenyamanan penumpang yang Syar’i, memasang karpet di semua lantai terminal penumpang, memperbaiki kualitas fasilitas self check-in, memberikan pengawasan lebih detail pada setiap fasilitas yang ada di terminal, meningkatkan sarana fasilitas penunjang bandara, mengganti fasilitas penunjang yang dianggap tidak layak pakai bagi kebutuhan umum, mempertahankan kualitas fasilitas yang menjadi pionir di bandara Indonesia serta meningkatkan pelayanan bagi kenyamanan dan keamanan pelanggan. 2. Peluang – peluang yang dimiliki Bandara Internasional Kualanamu akan dimanfaatkan secara maksimal dan berpeluang untuk potensi pasar pengembangan bandara dengan konsep aerotropolis yang artinya menjadikan bandara menjadi pusat perbelanjaan masyarakat, 3. Kelemahan yang dimiliki oleh Bandara Internasional Kualanamu juga dapat ditutupi dengan cara memperbaiki kualitas self check-in untuk mengurangi antrian saat check-in dan juga menambah kecepatan wi-fi untuk meningkatkan kepuasan penumpang yang berada dalam bandara.   6.2 Saran Adapun saran yang diberikan dalam laporan kerja praktik sesuai dengan analisis di atas dapat disarankan untuk pengelola atau pengawas fasilitas di Bandara Kualanamu untuk lebih inovatif lagi dalam mengatur strategi meningkatkan daya saing dengan bandara lainnya. Untuk penelitian selanjutnya diharapan melakukan perbandingan dengan bandara lain yang sama – sama dikelola oleh PT. Angkasa Pura II (Persero).

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 Jun 2022 02:45
Last Modified: 23 Jun 2022 02:45
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item