ANALISIS SEBAB-AKIBAT BARANG TERKENDALA (UNDELIVERY) PADA PT. JNE CABANG KIARACONDONG MENGGUNAKAN FISHBONE DIAGRAM LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.15.18.27 )

Diaz Putri, Arinka and Syafrianita, Syafrianita and Syafrianita, Syafrianita (2018) ANALISIS SEBAB-AKIBAT BARANG TERKENDALA (UNDELIVERY) PADA PT. JNE CABANG KIARACONDONG MENGGUNAKAN FISHBONE DIAGRAM LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.15.18.27 ). [Experiment]

[img] Text
BAB I.docx

Download (32kB)

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 6.1 Kesimpulan Dari hasil pengolahan data dan analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa : 1. Faktor-faktor yang menjadi kendala di PT. JNE Cabang Kiaracondong antara lain adalah : a. Manusia yang meliputi : 1) Kurang Disiplin 2) Kurang Cekatan 3) Kurang Terampil 4) Kurangnya Komunikasi dengan Penerima Barang b. Equipment yang meliputi : 1) Aplikasi Masih Sering Eror 2) Jaringan Lambat c. Process, yaitu : 1) Kebijakan Tutupnya Outlet pada Hari-hari Tertentu 2) Terlalu Malam Untuk Pengiriman Barang ke Tempat Tujuan 3) Datang atau Melakukan Pengiriman Barang ke Tujuan Alamat Saat Tidak Ada Orang 4) Alamat Tidak Lengkap dan Penerima Tidak Dikenal d. Environtment, yaitu : 1) Alamat Tidak Sesuai/Sulit Dicari(ditemukan) 2) Tetangga Sekitar/Tetangga Terdekat tidak Mengetahui Alamat Penerima yang Baru 3) Tetangga Tidak Mengetahui Kapan Saja Penerima Ada Dirumah 4) Tetangga Terdekat Tidak Mengetahui Rumah Tersebut Sudah Kosong&Tidak Terdapat Info Dari Pemilik Rumah Tersebut 5) Jalan atau Rute Pengiriman Barang Di Tutup/Sedang Ada Perbaikan 2. Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengatasi barang terkendala di bagian Undelivery adalah : a. Melakukan koordinasi kepada pengirim Menyampaikan kepada pengirim bahwa barang yang dikirim sudah diterima oleh pihak JNE, namun barang tersebut tidak bisa diterima oleh si penerima tepat waktu karena terdapat hambatan atau kendala dalam pengantaran barang ke penerima. b. Melakukan konfirmasi kepada si penerima Menginformasikan bahwa kepada si penerima bahwa barang yang dipesan sudah diterima oleh pihak JNE, namun barang tersebut tidak bisa diterima tepat waktu karena ada suatu hambatan dalam pengantaran barang sehingga perlu ditawarkan untuk pengiriman barang dengan dua pilihan diantar ulang oleh pihak JNE atau diambil oleh si penerima di kantor JNE. c. Melakukan survey lokasi alamat penerimaan barang Apabila dalam pengantaran barang alamat si penerima tidak ditemukan, sehingga perlu diadakan survey lokasi alamat yang dituju dengan bantuan medial sosial (google maps) atau bertanya kepada warga di sekitar alamat yang dituju. 6.2 Saran Berdasarkan hasil kesimpulan, saran yang dapat diberikan peneliti kepada PT. JNE Cabang Kiaracondong adalah sebagai berikut : 1. Hendaknya perlu peningkatan nasehat, teguran maupun pengawasan terhadap sistem untuk meningkatkan kinerja karyawan. 2. Melakukan pengecekan atau pengawasan kedisiplinan kerja karyawan. 3. Memberikan sanksi kepada karyawan yang melanggar aturan yang sudah ditentukan.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 Jun 2022 03:40
Last Modified: 23 Jun 2022 03:40
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item View Item