Fatmawati, Yuni and Kumala Dewi, Nurlaela and Syafrianita, Syafrianita (2018) LAPORAN KERJA PRAKTIK REENGINEERING DENGAN KONSEP SUPPLY CHAIN MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS TEH HITAM PT.PERKEBUNAN NUSANTARA VIII ( KP.13.15.18.22 ). [Experiment]
Text
BAB I.pdf Download (198kB) |
Abstract
KESIMPULAN DAN SARAN 6.1 Kesimpulan Setelah melakukan pengolahan dan analisa pada Bab IV dan V tentang aliran raw material yang lebih kondusif dalam meningkatkan mutu Teh Hitam dan desain baru dengan reengineering proses di Kebun Sukawana. Maka dapat disimpulkan bahwa: 1. Proses memanen dan aliran raw material yang lebih kondusif dapat dilakukan dengan penambahan dan perubahan pada sistem memanen pucuk teh yang terdapat pada current condition. Yaitu alternative penambahan nya berupa penambahan proses sortir pucuk teh, penambahan angkutan moda pada petikan pucuk teh manual sehingga angkutan pengangkut akan terpisah dengan petikan yang menggunakan mesin, penambahan pengepulan pada area blok yang sesuai dengan standar pengepulan pucuk teh. Untuk perubahan nya adalah perubahan sistem pemetikan pucuk, pelaksanaan batas over time dan penetapan waktu memulai petikan serta target petik bagi pekerja. 2. Desain baru dengan reengineering proses terhadap kegiatan memanen dan aliran raw material pucuk teh atas kondisi aliran saat ini (Current condition) yang dapat dilihat pada (Gambar 4.4). Yang kemudian aliran tersebut dilakukan Reenineering proses dengan cara menerapkan alternative-alternative dari perubahan dan penambahan.Proses. Alternative-alternative tersebut dapat dijalankan oleh stake holders di Kebun baik dengan berupa penyuluhan secara rutin dan mengadakan pelatihan dan sebagainya bagi para karyawan. Alternative dari reengineering proses dapat dilihat pada (Gambar 5.2). VI-2 6.2 Saran Perlunya alternative perubahan dan penambahan pada proses kegiatan memanen dan aliran raw material Current condtion dalam menjaga dan meningkatkan kualitas Teh Hitam. Dalam menciptakan alternative tersebut dapat menggunakan reenginerering proses yang dapat melakukan proses evaluasi pada current condition dan dapat menjadikannya sublevel-sublevel pada next condition yang lebih kondusif dalam meningkatkan kulitas Teh Hitam. VI-2 Penerimaan (Receiving); barang baik Stock Order (SO) maupun Stock Tranfer (ST) dari Asia Distribution Center (ADC) singapura, dimana serah terima barang dilakukan dari Bagian Operasional. Binning; proses menempatan barang sesuai dengan lokasi yang sesuai dengan Dokumen Binning Location. Collect; proses pengambilan barang, baik itu back order (BO) maupun Stock Transfer (ST). Shipping; proses pengiriman barang sesuai dengan dokumen order dan berdasarkan layanan pengiriman yang diinginkan konsumen. 3. Proses Contamination Control (CC) gudang PT. CKB Logistics Cabang Samarinda antara lain: Melakukan CC sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan oleh Officer HSE. Mengecek kondisi packaging barang dan tanggal produksi. Mengisi form temuan CC apabila terjadi temuan Mengisi form telah melakukan CC 4. Jumlah Barang yang masuk dan keluar warehouse PT. CKB Logistics Cabang Samarinda pada bulan juli 2017 adalah: Jumlah barang masuk jenis Stock Order (SO) adalah 6.755 item, Stock Tranfer (ST) adalah 4.719 item, FPO 76 item dan Manual Order (MO) 23 item. Jumlah barang keluar dengan jenis Stock Tranfer (ST) 9.274 item dan Back Order (BO) 16.716 item. 5. Produktivitas waktu rata-rata warehouse PT. CKB Logistics Cabang Samarinda baik binning dan collect adalah: VI-2 Untuk proses binning, produktivitas rata-rata tim receiving pada bulan juli 2017 adalah 1,1 menit/item, dari standar waktu yang diberikan adalah 3 menit/item. Untuk proses collect, produktivitas rata-rata tim picking pada bulan juli 2017 adalah 0,5 menit, dari standar waktu yang diberikan adalah 2,5 menit/item. 6. Claim pada bulan juli 2017 baik tim receiving maupun tim shipping adalah: Untuk tim receiving, jumlah claim pada bulan juli adalah sebanyak 8 claim, dari batas maksimal claim yang diberikan warehouse PT. CKB Logistics Cabang Samarinda adalah 8. Untuk tim shipping, jumlah claim pada bulan juli adalah sebanyak 3 claim, dari batas maksimal claim yang diberikan warehouse PT. CKB Logistics Cabang Samarinda adalah 8
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 03:44 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 03:44 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1264 |
Actions (login required)
View Item |