Ashari, Hasan and Syafrianita, Syafrianita and Widya Purnama, Anggi (2018) “Analisis Pengendalian Kualitas mutu Produk Unilever di PT.Sinarmas Logistik Bandung” LAPORAN KERJA PRAKTIK ( KP.13.15.18.23 ). [Experiment]
Text
5 BAB I fix AJA.docx Download (36kB) |
Abstract
KESIMPULAN DAN SARAN 6.1 Kesimpulan Berdasarkan pembahasan dan rumusan masalah yang telah disusun sebelumnya maka kesimpulan pada laporan kerja praktik ini, yaitu : 1. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan diagram fishbone sebab akibat dan penyebab dari kerusakan produk Unilever, diperoleh hasil analisis sebagai berikut : a. Manusia : artinya manusia merupakan sebab yang paling dekat dengan masalah, mempengaruhi terjadinya kerusakan produk yang mengakibatkan kerusakan produk. Adapun hal-hal yang mempengaruhi, seperti para pekerja yang kurang terampil, ceroboh, dehidrasi, kurang fokus atau hati-hati serta kurangnya pengetahuan dan pengalaman yang cukup guna menjaga mutu produk yang dikirimkan b. Peralatan : maksud dari peralatan disini yaitu kurang ahli dan berpengalamannya driver forklift dan handling sehingga menyebabkan kerusakan produk saat pemindahan barang ke dalam Gudang. c. Lingkungan : lingkungan yang kurang baik dalam masalah fasilitas mempengaruhi kinerja dari pekerja sehingga menjadi salah satu penyebab kerusakan produk. d. Waktu : waktu yang terbatas membuat pekerja menjadi terburu-buru, hilangnya fokus dan menimbulkan kecerobohan sebab merasa tertekan dengan kondisi kurangnya pengalaman dan pengetahuan menjadi penyebab kerusakan produk. e. Method : yaitu instruksi atau perintah kerja yang harus diikuti dalam proses bongkar-muat. Method kerja bermanfaat sebagai pedoman kerja bagi para pelaksana atau semua pihak yang berkepentingan. Sehingga, apabila dalam sebuah perusahaan tidak memiliki method kerja yang jelas maka dapat mengakibatkan proses kerja tidak berjalan dengan baik bahkan dapat menimbulkan kerugian akibat kesalahan yang dilakukan pekerja. Dapat dilihat bahwa faktor sebab terjadinya kerusakan produk Unilever yaitu ada 5 (lima) seperti manusia, method, peralatan, waktu, serta lingkungan. Penyebab-penyebab tersebut membuat kurangnya penanganan kualitas mutu produk Unilever sehingga menyebabkan terjadinya kerusakan produk Unilever. 2. Improve Pada tahap ini penulis mencoba melakukan perbaikan atas penganalisaan akar dari permasalahan yang terjadi seperti yang telah dilakukan pada tahap sebelumnya dengan menggunakan diagram sebab akibat. Berikut ini merupakan paparan dari improvement dapat dilihat pada Tabel 6.1 :
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 23 Jun 2022 04:13 |
Last Modified: | 23 Jun 2022 04:13 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1273 |
Actions (login required)
View Item |