LAPORAN KERJA PRAKTIK ANALISIS BATAS KENDALI KERUSAKAN BARANG SERTA MENGUKUR KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KINERJA DISTRIBUTION PROJECT DI PT. CIPTA KRIDA BAHARI (KP.16.14.17.2)

Widia Putri, Vini and Martua Sihombing, Tulus and Nur Siswanto, Budi (2017) LAPORAN KERJA PRAKTIK ANALISIS BATAS KENDALI KERUSAKAN BARANG SERTA MENGUKUR KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KINERJA DISTRIBUTION PROJECT DI PT. CIPTA KRIDA BAHARI (KP.16.14.17.2). [Experiment]

Full text not available from this repository.

Abstract

KESIMPULAN DAN SARAN 6.1 Kesimpulan Berdasarkan hasil analisis peta kendali, bahwa proporsi kerusakan terbesar terjadi pada bulan Maret 2017 yaitu 0,1000, sedangkan proporsi kerusakan terkecil pada bulan Januari 2017 bernilai 0,0196. Hal tersebut masih cukup jauh dari batas kendali atas dan batas kendali bawah yang bernilai UCL = 0,1635 dan LCL = 0. Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa kerusakan barang pada proses distribusi yang dilakukan oleh CKB Logistik pada bagian Distribution Project berada didalam batas kendali, karena semua kerusakan yang terjadi masih berada dibawah nilai batas atas dan batas bawah. Untuk kepuasan pelanggan, dapat disimpulkan bahwa pelanggan masih merasa Puas terhadap kinerja CKB Logistik pada bagian Distribution Project,walaupun pernah terjadi kerusakan barang. Hal tersebut terjadi karena pelayanan lain yang diberikan oleh staff planner sangat baik, sehingga dapat menutupi kemungkinan pelanggan tidak puas akibat rusaknya barang kiriman. Kesimpulan yang dapat diambil dari perhitungan masing-masing dimensi yaitu Reliability (Keandalan) yang dimiliki oleh CKB Logistik khususnya pada bagian Distribution Project mendapat nilai persen tertinggi dibanding dimensi yang lainnya. Keandalan yang dimiliki oleh CKB Logistik yaitu kecepatan pelayanan, ketepatan memenuhi janji, dapat memecahkan masalah dengan baik, barang yang dikirim tepat waktu dan tepat tujuan serta keluhan pelanggan dapat ditangani oleh petugas. 6.2 Saran Adapun saran untuk penelitian selanjutnya adalah sebagai berikut : 1. Penelitian kerusakan barang yang didistribusikan oleh CKB Logistik dapat dilakukan dengan menganalisis kerusakan barang dari berbagai jenis kerusakan, misalnya bocor, terjatuh dan lain-lain. 2. Penelitian dapat dilakukan dengan menganalisis batas kendali dari semua perusahaan yang menjadi pelanggan CKB Logistik pada bagian Distribution Project. 3. Analisis pengendalian proses distribusi dapat dilakukan dengan menambah metode yang digunakan, yaitu metode fishbone dan pareto chart. Kegunaan fishbone adalah untuk membantu mengidentifikasi akar penyebab kerusakan barang saat proses distribusi, sedangkan pareto chart berguna untuk menunjukkan masalah utama dengan menunjukkan ukuran prioritas dari beberapa masalah.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:22
Last Modified: 11 Jul 2022 04:22
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1334

Actions (login required)

View Item View Item