LAPORAN KERJA PRAKTIK ANALISIS PRODUKTIVITAS KINERJA PENGELUARAN BARANG PT. AGILITY INTERNATIONAL (HALIM PERDANAKUSUMA) MENGGUNAKAN WAREHOUSE SURVEY TEMPLATE (KP.16.14.17.1)

Maulana, Fajar and Kumala Dewi, Nurlaela and Ariffien, Afferdhy (2017) LAPORAN KERJA PRAKTIK ANALISIS PRODUKTIVITAS KINERJA PENGELUARAN BARANG PT. AGILITY INTERNATIONAL (HALIM PERDANAKUSUMA) MENGGUNAKAN WAREHOUSE SURVEY TEMPLATE (KP.16.14.17.1). [Experiment]

[img] Text
10. (REVISI FIX) BAB I.pdf

Download (450kB)

Abstract

6.1 Kesimpulan Secara keseluruhan permasalahan suatu perusahaan adalah mengoptimalkan pekerjanya, masalah-masalah tersebut timbul karena kurang sadarnya pekerja yang terlibat secara langsung diperusahaan. Standar operasional prosedur yang lebih baik akan mempermudah perusahaan untuk melaksanakan kegiatannya dan improvement seperti ini memerlukan dukungan yang lebih dari rekan kerja didalam perusahaan. Dari permasalahan yang terjadi di PT. Agility International (Halim Perdanakusuma) penulis memberikan suatu solusi untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut dengan cara memperbaharui standar operasional pengeluaran barang dan menghitung waktu produktivitas pekerja saat mengurus dokumen dan mengeluarkan barang untuk di kirim ke customer. Hasil yang penulis kerjakan dan ajukan berdampak positif untuk pengembangan divisi outbound all customer PT. Agility International (Halim Perdanakusuma) terutama untuk prosedur operasional dan produktivitas pekerja, penulis mengajukan saran baru yaitu sebagai berikut:  Menggabungkan aktivitas Scan Label SO untuk proses Pick to dengan aktivitas pembuatan pick ticket sekaligus dengan proses Goods Inventory. Proses ini dilakukan secara langsung oleh admin order taker untuk percobaan dari usulan yang penulis ajukan, dan hasilnya penggabungan SOP tersebut digunakan oleh PT. Agility International (Halim Perdanakusuma) untuk mempercepat proses pengeluaran barang pada divisi outbound all customer hingga saat ini.  Pembuatan surat jalan atau delivery order menggunakan software warehouse management system secara umum sudah efektif, hanya saja perlu sedikit perhatian untuk jaringan antar sub enterprisenya. VI-1  Untuk produktivitas pekerja, penulis menghitung waktu dan kegiatan yang dilakukan oleh (Assistant) dan (Handler) sesuai dengan yang terjadi dilapangan, hasilnya untuk peran seorang Handler produktivitasnya optimal saat melaksanakan pengeluran barang. Akan tetapi, peran seorang Assistant (Admin) tidak optimal, terdapat angka 43% untuk eficiency gap dalam aktivitas kerjanya. Dan permasalahan tersebut terjadi karena beban kerja seorang admin terlalu banyak sehingga waktu tunggu untuk pengurusan dokumen lainnya terhambat, permasalahan tersebutlah yang menyebabkan terjadinya delay delivery order. 6.2 Saran Dari hasil kerja praktik yang penulis laksanakan, penulis banyak menemukan ilmu dan permasalahan yang kompleks dari PT. Agility International (Halim Perdanakusuma). Oleh karena itu, penulis menyarankan bagi pembaca laporan ini nanti, bahwa suatu kegiatan atau aktivitas yang ada diperusahaan memerlukan suatu pengembangan strategi baik itu secara teknologi maupun secara operasional. Strategi tersebut nantinya akan merubah dan memperbaiki sistem perusahaan dalam bersaing. VI-2

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:24
Last Modified: 11 Jul 2022 04:24
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item View Item