Luthfi, Muhammad and Senja Widyawati, Kartika and Nur Siswanto, Budi (2020) LAPORAN KERJA PRAKTIK “ANALISIS KENDALA PERUBAHAN SISTEM INFORMASI LOGISTIK I-POS WEB DI PT. POS INDONESIA MATARAM 83000” (KP.16.17.20.82). [Experiment]
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK PT.Pos Indonesia merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang pos atau khususnya dibidang pelayanan jasa kurir, logistik, dan transaksi keuangan. Perusahaan ini menawarkan bisnis pelayanan jasa pengantaran barang dari satu tempat asal ke tempat tujuan. PT. Pos Indonesia melayani jasa pengiriman dalam negeri dan jasa pengiriman ke luar negeri. PT. Pos Indoensia khususnya di Kantor Pos Mataram secara garis besar layanan terbagi menjadi dua, yakni Bisnis Surat Paket dan Jasa Keuangan. Pada kegiatan magang di Kantor Pos Mataram praktikan ditempatkan di bagian operasi. Ruang lingkup kerja praktik/magang di bagian operasi khususnya di Puri Pra-Antaran berkaitan dengan serah terima kantong barang dari Puri Distribusi yang akan dikirim ke Kantor Pos Cabang dan juga diterukan ke Kantor Pemeriksa (KPRK). Proses kegiatan di puri pra antaran antara lain: Proses Bongkar Muat, proses bongkar kantong barang, scan terima item barang, sortir barang kiriman, penutupan barang kiriman ke dalam kantong, dan pembuatan manifest serah serta label tujuan. Namun dalam dunia kerja apalagi di perusahaan akan selalu ada ditemukan permasalahan-permasalahan yang menjadi kendala dalam proses kegiatan di perusahaan. Permasalahan yang di temukan di tempat magang adalah adanya perubahan sistem informasi yang digunakan sehingga perlu adanya penyesuaian dan perubahan pola pikir serta pola kerja untuk para pegawainya, ditambah lagi tidak adanya pelatihan megenai penggunaan sistem yang baru sperti apa. Sehingga menjadi sebuah permasalahan yang perlu di pecahkan dengan beberapa usulan dari praktikan berdasarkan ilmu pengetahuan yang didapat dari kampus. Adapun usulannya yaitu melakukan pelatihan dan melakukan maintenance sistem secara berkala. Usulan tersebut berdasarkan teori SDLC (Sistem Development Life Cycle). Berdasarkan usulan tersebut praktikan berharap dapat membantu meminimalisir dampak dari perubahan sistem informasi yang menjadi permasalahan bersama di perusahaan khususnya di Kantor Pos Mataram.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 03:42 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 03:42 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1372 |
Actions (login required)
View Item |