PROSEDUR PENETAPAN JALUR TRAYEK PADA ANGKUTAN UMUM KOTA DAN PEDESAAN DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANGSIDEMPUAN LAPORAN KERJA PRAKTEK / MAGANG (KP.16.17.20.37)

Riski Maharani, Gita and Puspitaningrum, Ita and Hendra Fachrudin, Dudi (2020) PROSEDUR PENETAPAN JALUR TRAYEK PADA ANGKUTAN UMUM KOTA DAN PEDESAAN DI DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANGSIDEMPUAN LAPORAN KERJA PRAKTEK / MAGANG (KP.16.17.20.37). [Experiment]

Full text not available from this repository.

Abstract

Diskripsi KP/M Periode KP/Magang di mulai sejak tanggal 01 Juli – 31 Agustus 2020. Selama proses KP/Magang di Kantor Dinas Perhubungan telah mendapatkan banyak pelajaran baru. Pada bagian Sekretariat di ketuai oleh Bapak Sekretaris yang bernama Pak Rizwan Boy. Kemudian Ibu Hj. Nur’aini selaku Kassubag Umum & Kepegawaian beserta pegawai dan staf Tata usaha. Tugas pokok pada bagian sekretariat yaitu proses administrasi perkantoran seperti surat-menyurat, data administrasi kepegawaian, dan lain sebagainya. Proses kerja pada bagian sekretariat masih menggunakan proses yang manual dan komputerirasi, arsipan data dan surat masih menggunakan Gong-Yu yang selanjutnya akan susun di lemari-lemari kantor. Kegiatan sehari-hari pada bagian sekretariat yaitu membuat surat keluar, mengarsipkan surat masuk dan keluar, memberi nomor dinas, melakukan disposisi & expedisi surat dan membuat surat keterangan jika diperlukan. Selanjutnya pada Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan memiliki tugas umum untuk melakukan Perencanaan Strategi Dinas Perhubungan dalam waktu yang di tentukan. Selain itu, pada Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan ini juga bertanggung jawab atas segala urusan keuangan Kantor Dinas Perhubungan. Baik uang masuk, uang keluar, gaji pegawai, tagihan kantor dan lain sebagainya. Kegiatan yang telah dilalui pada bagian ini yaitu membuat MoU Perjanjian antara instansi dengan perusahaan cetak untuk melakukan proses pembelian / pencetakan karcis parkir yang kemudian akan di beri kepada bagian Sarana & Prasarana dan membuat daftar gaji pegawai dinas perhubungan dan melakukan proses pengantaran ke Kantor Bapeda untuk selanjutnya cek gajinya akan dicairkan. Pada bidang Sarana & Prasarana terdapat 3 bagian yaitu bagian Sarana & Prasarana, Bagian Terminal & Pos Retribusi, Bagian Perparkiran. Pada Bagian Sarana & Prasarana ini bertugas dalam mempersiapkan kelengkapan kebutuhan jalan seperti pembuatan nama jalan, marka jalan, rambu jalan, rambu lalu lintas, kaca cembung untuk membantu pengendara jalan dan lain sebagainya. IV-2 Pada bagian Terminal & Pos Retribusi telah melakukan survei terhadap keadaan terminal yang ada di Kota Padangsidimpuan. Jumlah terminal ada 3 yaitu Terminal Hutaimbaru, Terminal Tohar Bayo Angin dan Terminal Maha Raja Harahap. Pada saat melakukan survey, dapat di lihat secara langsung apa saja fasilitas-fasilitas yang ada pada terminal. Namun, banyak dari fasilitas tersebut yang terkendala dan tidak digunakan lagi dengan alasan tertentu. Terminal-terminal tersebut tergolong dalam terminal Tipe C yang dapat di lihat dari segi fasilitas, letak geografis dan peminatnya. Pada bagian Perparkiran, telah melakukan survey langsung bersama Kepala Seksi dan pegawai lain nya ke titik parkir kota yang berada dalam naungan Dinas Perhubungan Kota Padangsidimpuan. Setiap pengendara diberi tarif sesuai dengan karcis retribusi parkir yang telah di keluarkan oleh Dinas Perhubungan Kota Padangsidimpuan. Pada bagian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan kegiatan yang telah dijalani yaitu survey langsung ke jalan dalam menertibkan angkutan umum kota dan pedesaan yang tidak sesuai dengan trayeknya, melakukan penertiban simpang kota yang ramai demi kelancaran lalu lintas jalan, survey kelaikan dan kelengkapan administrasi angkutan kota dan lain sebagainya. Pada bagian Manajemen Rekayasa Lalu ilmu yang dapat di ambil yaitu bagaimana cara melakukan rekayasa lalu lintas di pusat kota dan melakukan analisis kemacetan pada pusat kota. Namun, proses nya masih menggunakan cara manual dengan membaca map kota. Pada bagian pembinaan dan pengawasan lalu lintas, kegiatan yang telah dilakukan yaitu pembuatan Surat Pembuatan Tugas (SPT), Surat Pertanggung Jawaban (SPJ), Laporan Pertanggung Jawaban, Surat Insidentil dan lain sebagainya. Bagian UPTD PKB merupakan layanan pengujian kenderaan bermotor dengan menggunakan SOP dan alat-alat tertentu. Pada bagian ini, kegiatan yang telah dilakukan yaitu melakukan proses uji KIR pada kenderaan bermotor penumpang dan barang. Pada saat melakukan proses pengujian, penguji harus menggunakan APD untuk melindungi diri. APD yang dipakai yaitu seperti kacamata, topi, sarung tangan, sepatu boot dan rompi. Gedung KIR Dinas Perhubungan Kota Padangsidimpuan dan alat-alatnya sudah terakreditasi B oleh Kementerian Perhubungan. Sebelum melakukan pengujian kenderaan, para supir wajib mematuhi aturan dan tata alur administrasi hingga ke proses pengujian. Tarif uji (retribusi) dan administrasi kenderaan bermotor mengacu pada Perda No. 04 Tahun 2010.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 Jul 2022 04:12
Last Modified: 14 Jul 2022 04:12
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1383

Actions (login required)

View Item View Item