Bustari, Muhammad Zulfikri and Sihombing, Tulus Martua and Suntoro, Suntoro (2021) ANALISIS KINERJA GUDANG PT RINJANI TIRTA ABADI MENGGUNAKAN METODE WAREHOUSE CHECK-UP (TA 16.16.21.105). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (363kB) |
Abstract
ABSTRAK Persaingan bisnis pada industri AMDK yang semakin cepat membuat para pengusaha AMDK harus memikirkan cara agar dapat menang dalam kompetisi bisnis tersebut. Salah satu cara agar dapat memenangkan hati konsumen adalah dengan cara memiliki keunggulan kompetitif. Maka, dilakukan penilaian kinerja pada gudang finished goods kemasan kardus milik PT Rinjani Tirta Abadi dengan menggunakan metode warehouse check-up. Dengan digunakannya metode ini akan dapat menjadikan gudang sebagai keunggulan kompetitif. Pada metode ini dilakukan audit menyeluruh pada 7 perspektif, yaitu strategi, proses, operasi, biaya, sistem informasi, infrastruktur, dan sumber daya manusia. Setelah dilakukannya audit diperolehlah hasil akhir 92,5 poin yang berarti well managed atau gudang sudah dikelola dengan sangat baik. Berikut rincian hasil audit gudang, 19 bagian yang berstatus inline,5 bagian yang berstatus minor, dan 2 bagian yang berstatus mayor. Untuk memberikan saran strategi kedepannya untuk divisi gudang dan perusahaan, maka digunakan analisis matriks swot. Hasil rekomendasi dari analisis SWOT adalah pihak perusahaan dapat memaksimalkan fungsi gudang yang ada pada daerah-daerah, meningkatkan layanan self�pickup service, menjaga kondisi alat angkut produk, melakukan pelatihan K3 bagi para pegawainya, membuat SOP pada bagian gudang, dan sebagainya. Saran tersebut diberikan sebagai rekomendasi strategi agar kinerja gudang dan perusahaan dapat lebih baik lagi kedepannya. Kata kunci: AMDK, gudang, audit gudang, keunggulan kompetitif, warehouse check�up, analisis SWOT v ABSTRACT Business competition in the bottled waters industry is getting faster and faster, making bottled waters company have to think of ways to win in the business competition. One way to win the hearts of consumers is to have a competitive advantage. Therefore, a performance assessment was carried out at the finished goods warehouse in cardboard packaging owned by PT Rinjani Tirta Abadi using the warehouse check-up method. By using this method will be able to make the warehouse a competitive advantage. In this method, a thorough audit is carried out on 7 perspectives, namely strategy, process, operation, cost, information system, infrastructure, and human resources. After the audit, the final result was 92.5 points, which means it is well managed or the warehouse has been managed very well. Following are the details of the warehouse audit results, 19 sections with inline status, 5 sections with minor status, and 2 sections with major status. To provide future strategy suggestions for the warehouse division and the company, a swot matrix analysis is used. The results of the recommendations from the SWOT analysis are that the company can maximize the function of existing warehouses in the regions, improve self-pickup service, maintain the condition of product transportation equipment, conduct K3 training for its employees, make SOPs for the warehouse, and so on. These suggestions are given as strategic recommendations so that the performance of the warehouse and the company can be even better in the future. Keywords: bottled water, warehouse, warehouse audit, competitive advantage, warehouse check-up, SWOT analysis
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 02 Mar 2022 06:32 |
Last Modified: | 02 Mar 2022 06:32 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/140 |
Actions (login required)
View Item |