LAPORAN KERJA PRAKTIK / MAGANG ANALISIS LAYANAN CASH ON DELIVERY (COD) PT. POS INDONESIA BAGI SELLER ONLINE SHOP DI KANTOR POS BREBES (KP.16.17.20.50)

Solehuddin, Fuzan and Adriant, Irayanti (2020) LAPORAN KERJA PRAKTIK / MAGANG ANALISIS LAYANAN CASH ON DELIVERY (COD) PT. POS INDONESIA BAGI SELLER ONLINE SHOP DI KANTOR POS BREBES (KP.16.17.20.50). [Experiment]

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan dunia bisnis semakin hari semakin ketat. Pelaku bisnis saling menunjukkan keunggulan layanannya masing-masing untuk menarik minat pelanggan. Diiringi dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, tidak dapat dipungkiri telah mengubah sistem bisnis yang semula harus dilakukan secara langsung ke tempat tujuan namun saat ini semuanya serba praktis dimana semua orang dapat memesan barang hanya melalui aplikasi. Tentu hal itu menjadi sebuah kesempatan bagi pelaku bisnis untuk ambil bagian. Kunci keberhasilan dalam menarik minat pelanggan dalam berbelanja online adalah penawaran barang yang murah. pengiriman cepat, mudah diakses, keamanan barang yang terjamin serta adanya promo menarik seperti potongan harga, Cash On Delivery (COD) atau gratis ongkir (ongkos kiriman). Oleh karena itu, sistem berbelanja online dapat berjalan sangat cepat sehingga harus diimbangi dengan tersedianya fasilitas yang dapat menunjang proses operasional. Dalam hal ini PT. Pos Indonesia juga ikut turut serta dalam menyediakan jasa pengiriman barang dengan berbagai pilihan layanan yang disediakan. Salah satunya adalah layanan yang khusus diperuntukkan untuk seller online shop (hanya seller yang berjualan di Facebook maupun Instagram) dimana seller dapat melakukan entry data pengiriman sendiri melalui layanan Quick Online Booking sehingga dapat menghemat waktu pemrosesan. Selain itu, seller juga tidak perlu mengantarkan langsung ke Kantor Pos karena telah disediakan satu layanan yang dapat melakukan penjemputan barang (pickup service) melalui O-Ranger. Adanya O-Ranger dapat membantu kelancaran proses pengiriman barang sehingga seller cukup fokus untuk berjualan saja. Nantinya O-Ranger akan mengantarkan barang kiriman seller ke Loket Kantor Pos dan kemudian akan diproses oleh pengantar untuk dikirimkan ke tempat tujuan. Namun terdapat beberapa kendala yang dihadapi sehingga perlu dilakukan beberapa perbaikan, seperti pengembangan sistem layanan Cash On Delivery (COD), pendaftaran COD dilakukan secara online, memberikan poin pada seller jika transaksi telah berhasil diproses, melakukan penggabungan fungsi pengantar dan O-Ranger agar dapat melakukan pengantaran barang sekaligus penjemputan barang (pickup service), menerapkan sistem resi otomatis dalam layanan COD serta memberikan penghargaan (reward) atas kinerja yang telah dilakukan oleh seller maupun O-Ranger. Kata Kunci: Online Shop, Seller, O-Ranger, Cash On Delivery (COD), Pickup Service, Entry Data Quick Online Booking, Reward

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 Jul 2022 08:33
Last Modified: 14 Jul 2022 08:33
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1417

Actions (login required)

View Item View Item