Agita Mahdalena, Sintia and Adi Prasetyo, Wahyudi (2020) LAPORAN KERJA PRAKTIK PROSEDUR PELAKSANAAN EKSPOR KAIN PADA PT. LUCKY PRINT ABADI (KP.16.17.20.66). [Experiment]
Full text not available from this repository.Abstract
Deskripsi KP/M Kerja praktik yang dilaksanakan di PT. Lucky Print Abadi dimulai dari tanggal 6 Juli 2020 sampai tanggal 28 Agustus 2020 dan ditempatkan di divisi ekspor impor dengan beberapa kegiatan di dalamnya adalah sebagai berikut : 1. Pembuatan Shipping Instruction,Commercial Invoice dan Packing list (SI, Inv & PL) Pembuatan SI, Inv dan PL ini, dilakukan Ketika sudah dibuatnya planning ekspor serta adanya jadwal vessel. Pembuatannya menggunakan system komputerisasi dan sudah ada formatnya. Dalam pembuatan dokumen ini, kita mengacu pada sales contract . Setelah pembuatan dokumenin ini selesai, pembimbing lapangan akan cek Kembali dokumen tersebut. Apabila sudah benar, dokumen akan dikirim kepada forwarder melalui email 2. Membuat PPCG (Permintaan Pengeluaran Cek dan Giro) PPCG adalah data yang berisi tagihan dari divisi masing-masing yang harus dibayarkan. Pada bagian eksim, data ppcg berisi biaya-biayaexport seperti biaya pengiriman barang, biaya pengiriman dokumen,biaya pembuatan COO (certificate of origin) dll. 3. Rekapitulasi PEB pada akhir bulan Rekapitulasi PEB yaitu mengumpulkan data PEB dalam satu bulannya beserta dokumen penunjang PEB yaitu NPE, Commercial Invoice dan Bill of Lading (B/L). Nantinya akan dicek oleh bagian pajak dengan cara membuka website portal pengguna jasa dan cek jumlah aktualnya. Jika sudah sesuai, data akan diarsip 4. Booking shipment by DHL Booking shipment by DHL yaitu melakukan pengiriman barang atau dokumen ke luar negeri. Kegiatan ini dilakukan melalui website MyDHL 5. Rekapitulasi Invoice dari pihak ketiga Rekapitulasi Invoice dari pihak ketiga adalah kegiatan mengarsipkan data-data invoice dari pihak ketiga dan diurutkan sesuai tanggal invoice tersebut 2-IV 6. Mengirimkan bukti bayar melalui email Kegiatan ini dilakukan dengan scan bukti bayar,lembar PPCG dan invoice aslinya. Kemudian dikirimkan ke pihak yg menerima pembayaran dan pembimbing lapangan. 7. Meminta booking confirmation dan Bill of lading kepada forwarder Kegiatan ini tidak begitu rutin, karena menghubungi pihak forwarder melalui telfon kantor sedangkan, telfon kantor hanya satu unit.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 08:47 |
Last Modified: | 14 Jul 2022 08:47 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1424 |
Actions (login required)
View Item |