"ANALISIS FAKTOR KEGAGALAN KEBERANGKATAN KAPAL IKAN DI PELABUHAN TEGAL JAWA TENGAH MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM)" (TA.13.16.22.78)

Fauzi Rohim, Arrijal and M. Pakpahan, Hartati and Eka Lestiai, Melia (2022) "ANALISIS FAKTOR KEGAGALAN KEBERANGKATAN KAPAL IKAN DI PELABUHAN TEGAL JAWA TENGAH MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM)" (TA.13.16.22.78). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
Chapter1.doc.pdf

Download (157kB)

Abstract

ABSTRAK Kapal ikan merupakan salah satu dari berbagai jenis kapal yang berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi setiap daerah dan banyaknya sumber daya alam di perairan pantai utara. Terkait operasional kapal ikan, Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) berperan untuk memastikan seluruh kapal ikan yang terdapat di pelabuhan, agar dapat berlayar sesuai dengan semestinya. Berdasarkan data tahun 2021 banyak terjadi Kegagalan Keberangkatan Kapal ikan yang tidak memenuhi persyaratan dari kesiapan anak buah kapal (ABK), kesiapan peralatan, nautis dan keselamatan pada masing-masing kapal ikan yang akan berlayar hingga 29,3% per bulannya. Angka ini cukup berpengaruh pada perekonomian daerah, selain itu berdampak pada alur pelayanan di kantor KSOP yang menjadi lebih sibuk karena terjadinya penumpukan kapal di pelabuhan Tegal. Kegagalan Keberangkatan Kapal terjadi diakibatkan oleh ketentuan yang diberlakukan KSOP antara lain; faktor kesiapan ABK, kesiapan peralatan, nautis dan keselamatan yang tidak terpenuhi oleh pemilik kapal ikan. Berdasarkan permasalahan di atas, bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh kesiapan ABK, kesiapan alat, dan nautis terhadap kegagalan keberangkatan kapal ikan dan 2) pengaruh kesiapan ABK, kesiapan alat, dan nautis terhadap kegagalan keberangkatan kapal ikan melalui keselamatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dibantu aplikasi AMOS22 dengan 100 responden. Hipotesis dalam penelitian ini yaitu H1 :Pengaruh kesiapan ABK terhadap keselamatan, H2: Pengaruh kesiapan alat terhadap keselamatan, H3: Pengaruh nautis terhadap keselamatan, H4: Pengaruh kesiapan ABK terhadap Kegagalan Keberangkatan, H5: Pengaruh nautis terhadap Kegagalan Keberangkatan, H6: Pengaruh keselamatan terhadap Kegagalan Keberangkatan. Hasil penelitian menunjukan hipotesis diterima dan ditolak dengan dua persamaan struktural yang menjelaskan pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependennya, yaitu: Keselamatan = 0,404*kesiapan ABK + 0,588*kesiapan alat + 0,000*nautis; Kegagalan Keberangkatan = 0,022*Keselamatan + 0,425*kesiapan ABK – 0,550*kesiapan alat + 1,068*nautis. Kesimpulan yang didapat adalah bahwa variabel nautis memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap kegagalan keberangkatan kapal dengan koefisien 1,068 yang berarti berpengaruh signifikan. Kata kunci : anak buah kapal, kapal ikan, ketentuan keberangkatan kapal, structural equation modelling (SEM)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:22
Last Modified: 27 Jul 2022 07:22
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1449

Actions (login required)

View Item View Item