STRATEGI PEMILIHAN VENDOR UNTUK MENDUKUNG KINERJA EKSPOR DAN IMPOR PT. IRON BIRD LOGISTICS JAKARTA TIMUR (TA 16.16.20.59)

Sianipar, Ronaldo and Suntoro, Suntoro and Siswanto, Budi Nur (2020) STRATEGI PEMILIHAN VENDOR UNTUK MENDUKUNG KINERJA EKSPOR DAN IMPOR PT. IRON BIRD LOGISTICS JAKARTA TIMUR (TA 16.16.20.59). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB 1 II TA II RONALDO SIANIPAR II 16116029.pdf

Download (175kB)

Abstract

vii ABSTRAK Permintaan akan ekspor dan impor barang dari suatu negara ke negara tertentu semakin bertambah karena kebutuhan dari beberapa negara akan suatu barang yang tidak dapat disediakan oleh negara itu sendiri. PT. Iron Bird Logistics adalah perusahaan yang bukan hanya bergerak pada bidang ekspor-impor, tetapi juga bergerak di bidang warehouse, distribution, dan project handling. Saat ini PT. Iron Bird Logistics memiliki 179 customer untuk ditangani kegiatan ekspor-impor, dengan itu tidak jarang PT. Iron Bird Logistics mampu mencapai target ekspor�impor perhari sebanyak 125 container. Salah satu moda transportasi penunjang kegiatan ekspor-impor adalah truck trailer untuk memindahkan container dari Gudang customer menuju pelabuhan Tg. Priok dan sebaliknya. Keadaan saat ini PT. Iron Bird Logistics hanya memiliki 50 truck trailer yang bersifat on call, sehingga mengharuskan untuk melakukan kerja sama degan vendor dalam menyediakan truck trailer yang dibutukan oleh PT. Iron Bird Logistics. Tidak mudah untuk menentukan vendor yang akan bekerjasama. Permasalahan tersebut menjelaskan bahwa tidak semua vendor mampu menyediakan truck trailer sesuai dengan permintaan dari customer PT. Iron Bird Logistics baik dari segi kualitas dan kuantitas. Permasalahan ini akan diselesaikan dengan menggunakan metode awal yaitu analisis SWOT dan diakhiri dengan menggunakan metode Analitical Hiearchy Process (AHP). Penggunaan analisis SWOT digunakan untuk menentukan strategi/kriteria yang digunakan dalam pemilihan vendor PT. Iron Bird Logistics. Sedangkan penggunaan metode AHP adalah untuk mengetahui vendor yang paling unggul dalam memenuhi kebutuhan truck trailer. Penggunaan kedua metode tersebut menghasilkan hasil pengolahan yang saling berkaitan. Hasil analisis SWOT memperlihatkan strategi yang dibutuhkan untuk menentukan vendor truck trailer adalah strategi tepat waktu, konsisten, penerbitan dokumen, kelengkapan unit, respon, tekhnologi GPS dan strategi harga. Sedangkan pengolahan dengan AHP memperlihatkan vendor yang unggul dalam memenuhi kebutuhan truck trailer, yaitu vendor Sakiko Terus Jaya (STJ) dengan bobot final strategi sebagai berikut; strategi tepat waktu (40%), konsisten (38%), penerbitan dokumen (40%), kelengkapan unit (40%), respon (38%), tekhnologi GPS (37%), dan strategi harga (41%). Kata kunci: Ekspor-impor, truck trailer, vendor. vii ABSTRACT The demand for exports and imports of goods from one country to a certain country is increasing because of the needs of some countries for goods that cannot be provided by the country itself. PT. Iron Bird Logistics is a company that is not only engaged in export-import, but also is engaged in warehouse, distribution, and project handling. Currently PT. Iron Bird Logistics has 179 customers to handle export-import activities, with PT. Iron Bird Logistics is able to achieve 125 export�import targets per day by 125 containers. One of the transportation modes supporting the export-import activity is a truck trailer to move containers from the customer's warehouse to the Tg port. Priok and vice versa. The current situation is PT. Iron Bird Logistics only has 50 truck trailers that are on call, so it requires cooperation with vendors in providing truck trailers that are required by PT. Iron Bird Logistics. It is not easy to determine which vendors will work with PT. This problem explains that not all vendors are able to provide truck trailers in accordance with requests from customers of PT. Iron Bird Logistics both in terms of quality and quantity. This problem will be solved by using the initial method that is SWOT analysis and ending by using the Analytical Hysical Process (AHP) method. The use of SWOT analysis is used to determine the strategy / criteria used in selecting vendor PT. Iron Bird Logistics. While the use of the AHP method is to find out the most superior vendor in meeting the needs of truck trailers. The use of both methods produces interrelated processing results. The SWOT analysis results show that the strategies needed to determine the truck trailer vendor are timely, consistent, document issuance, unit completeness, response, GPS technology and pricing strategies. Whereas processing with AHP shows that the vendors are superior in meeting the needs of truck trailers, namely Sakiko Continue Jaya (STJ) vendors with the final weighting of the strategy as follows; timely strategy (40%), consistent (38%), document issuance (40%), unit completeness (40%), response (38%), GPS technology (37%), and pricing strategy (41%). Keywords: Export-import, truck trailer, vendor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 02 Mar 2022 07:36
Last Modified: 02 Mar 2022 07:36
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/146

Actions (login required)

View Item View Item