Zhanifan Triadi, Ahmad and Widya Purnama, Anggi and Kumala Dewi, Nurlaela (2022) Implementasi Lean Service Untuk Mengurangi Waste Di CV.RICKY PUTRA EXPRESS (TA.13.17.22.77). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (186kB) |
Abstract
ABSTRAK “Implementasi Lean Service Untuk Mengurangi Waste Di CV. Ricky Putra Express” Oleh: Ahmad Zanivan Triadi Manajemen Transportasi, 2022 CV. Ricky Putra Express merupakan badan usaha yang bergerak di bidang pelayanan atau penyedia jasa dalam industri pengiriman barang. CV. Ricky Putra Express menjalin kontrak pengiriman dengan beberapa perusahaan, yaitu kimia farma, bina san prima dan marga nusantara jaya, dan semuanya bergerak pada industri obat-obatan dan produk medis lainnya. Permasalahan yang terjadi adalah terlambatnya waktu tiba pengiriman di kota tujuan. Maka dari itu penulis menjadikan permasalahan tersebut masuk kedalam penelitian dengan mengidentifikasi waste yang ada atau penyebab dari keterlambatan tiba di kota tujuan di dalam pemrosesan kiriman dengan pendekatan metode lean service. Berdasarkan hasil identifikasi waste menggunakan metode lean service, waste overproduction merupakan waste yang paling sering terjadi dengan tingkat persentase 30,4 %, selanjutnya lack of standardization 24,8 %, dan delay/waiting 14,8 %. Untuk waste yang paling kritis adalah waste overproduction dan lack of standardization dengan hasil klasifikasi resiko very high. Waste overproduction disebabkan oleh tidak ada pengawasan terhadap pekerja dan pengawasan operasional masih dilakukan oleh pimpinan perusahaan, sedangkan untuk waste lack of standardization disebabkan oleh perencanaan proses sebelumnya tidak melakukan pengukuran waktu dan pertimbangan efektifitas pengerjaan, dan waste delay diakibatkan oleh tidak adanya pengawasan terhadap pekerja sehingga pekerja menunggu instruksi untuk melanjutkan pemerosesan. Tindakan yang diambil untuk waste overproduction dengan menambahkan bagian operasional untuk melakukan ceklist aktivitas. Untuk waste lack of standardization melakukan evaluasi dan pengukuran ulang waktu kerja dengan perhitungan waktu baku dan mengambil tindakan ke beberapa proses yang dianggap kurang efektif termasuk di dalamnya ada waste delay, dan waktu baku pemrosesan sebelum keberangkatan dengan kelonggran menjadi 218,90 menit, waktu normal 172,80 menit dan waktu siklus dengan rata-rata pemrosesan menjadi 160,79 menit. Maka dari hasil perhitungan waktu baku tersebut didapatkan waktu pemrosesan yang lebih efektif dan waktu tiba yang lebih baik dari sebelumnya. Kata kunci : Lean Service, Waste, Pelayanan Pengiriman Barang.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 06:30 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 06:30 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1484 |
Actions (login required)
View Item |