Wahyuni Mursalim, Siti and M. Pakpahan, Hartati and Kumala Dewi, Nurlaela (2022) Analisis Kualitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Ende Nusa Tenggara Timur (TA.13.16.22.79). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.
Text
Chapter1.pdf Download (35kB) |
Abstract
BSTRAK Di Ende, Nusa Tenggara Timur, terdapat dua pelabuhan yang pengawasan dan pengendalian kegiatan kepelabuhanannya dilakukan oleh KSOP Kelas IV Ende. Oleh karena itu, sebagai lembaga yang dibentuk pemerintah untuk melayani masyarakat dalam bidang kemaritiman, KSOP Ende harus memiliki kualitas pelayanan yang baik. Namun pada kenyataannya, menurut wawancara yang dilakukan kepada pengguna jasa, kualitas pelayanan KSOP Ende masih belum memuaskan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator kualitas pelayanan KSOP Ende yang belum memuaskan serta skala prioritas perbaikannya. Importance Performance Analysis dilakukan untuk mengetahui indikator pelayanan yang belum memuaskan, di mana hasil analisis menunjukkan enam dari total 20 indikator pelayanan masih belum memuaskan. Berdasarkan hasil perhitungan relative score pada matriks House of Quality, diperoleh skala prioritas perbaikan indikator kualitas pelayanan yakni dengan melakukan pemeliharaan/rehabilitasi gedung kantor (23,5%), pengadaan sarana dan prasarana penunjang (23,2%), meningkatkan pelatihan petugas KSOP Ende (21,8%), melakukan perawatan fasilitas secara berkala (16,7%), mengenakan APD dalam melakukan kegiatan operasional (10,3%), serta melakukan survey tahunan kepuasan pengguna jasa KSOP Ende (4,64%). Kata kunci: Kualitas pelayanan, kepuasan pengguna jasa, Importance Performance Analysis, House of Quality.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 24 Aug 2022 04:11 |
Last Modified: | 24 Aug 2022 04:11 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1497 |
Actions (login required)
View Item |