ANALISIS METODE KONJOIN UNTUK MENGETAHUI PREFERENSI DALAM PEMILIHAN EKSPEDISI PENGIRIMAN BARANG GUNA MEMPERBAIKI PELAYANAN PADA JNT EXPRESS CABANG KECAMATAN SIPIROK TUGAS AKHIR (TA.13.18.22.21)

Aisyah Siregar, Oktarina and Eka Lestiani, Melia and Syafrianita, Syafrianita (2022) ANALISIS METODE KONJOIN UNTUK MENGETAHUI PREFERENSI DALAM PEMILIHAN EKSPEDISI PENGIRIMAN BARANG GUNA MEMPERBAIKI PELAYANAN PADA JNT EXPRESS CABANG KECAMATAN SIPIROK TUGAS AKHIR (TA.13.18.22.21). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (39kB)

Abstract

ABSTRAK JNT Express merupakan salah satu perusahaan ekspedisi yang bergerak di bidang jasa layanan cargo dan jasa layanan pengiriman barang. Banyaknya pertambahan ekspedisi mengharuskan tiap – tiap perusahaan jasa layanan harus mampu menyesuaikan pelayanan mereka dengan preferensi pelanggan, agar ekspedisi tersebut tetap mampu bersaing dengan ekspedisi jasa layanan pengiriman barang lain. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui preferensi pelanggan pengguna jasa layanan pengiriman barang untuk menjadi acuan mereka dalam pemilihan ekspedisi, serta mengteahui penilaian pelanggan terhadap layanan yang sudah diberikan oleh JNT Express Cabang Kecamatan Sipirok. Untuk mengtahui preferensi pelanggan dalam penelitian ini menggunakan metode Analisis Konjoin yang mana output dalam pengolahan data menggunakan metode ini adalah preferensi pelanggan terhadap pemilihan ekspedisi, dan untuk mengetahui penilaian pelanggan terhadap layanan yang sudah diberikan oleh JNT Express Kecamatan Sipirok menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA) adapun output pengolahan data dengan menggunakan metode ini adalah atribut prioritas yang harus segera mendapatkan perbaikan layanan. Nantinya, dari kedua hasil pengolahan data ini akan dibandingkan apakah pelayanan yang sudah diberikan oleh JNT Express Kecamatan Sipirok sudah sesuai dengan preferensi pelanggan. Setelah melakukan pengolahan data maka didapatkan hasil untuk preferensi pelanggan adalah ekspedisi yang pengirimannya hanya untuk se-Indonesia – barang dalam keadaan baik ketika diterima – Pengiriman lebih cepat dari estimasi waktu yang diperkirakan – Biaya menyesuaikan dengan jarak pengiriman barang – Kurir ramah saat pengantaran barang – Karyawan berpenampilan rapi dan sopan – Kantor dalam keadaan rapi dan bersih – memiliki sistem tracking – Customer Service cepat tanggap terhadap keluhan, serta nilai kepentingan yang mempengaruhi pelanggan dalam pemilihan ekspedisi nilai tertingginya didapatkan pada Penanganan Barang, Lamanya Pengiriman, dan Tarif. Maka jika dibandingkan dengan hasil metode Importance Performance Analysis yang mana hasilnya didapatkan atribut penanganan barang, lamanya pengiriman, dan customer service merupakan atribut yang harus segera diperbaiki. Maka JNT Express dirasa belum sepenuhnya menjadi ekspedisi yang sesuai dengan preferensi pelanggan, karena masih ada beberapa atribut penting yang tidak sesuai dengan preferensi pelanggan dan masih harus dilakukan perbaikan pelayanan agar JNT Express Cabang Kecamatan Sipirok dapat bersaing dengan Ekspedisi jasa layanan pengiriman barang yang lain. Kata Kunci: Analisis Konjoin, Importance Performance Analysis (IPA), JNT Express, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:41
Last Modified: 01 Sep 2022 02:41
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item