ANALISIS KINERJA LAPANGAN PENUMPUKAN PETI KEMAS DAN DERMAGA PELABUHAN TENAU KUPANG TUGAS AKHIR (TA.13.15.22.66)

H.Achmad No, Zulfikar and Syafrianita, Syafrianita and Pakpahan, Hartati M. (2022) ANALISIS KINERJA LAPANGAN PENUMPUKAN PETI KEMAS DAN DERMAGA PELABUHAN TENAU KUPANG TUGAS AKHIR (TA.13.15.22.66). Masters thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (470kB)

Abstract

ABSTRAK PT Pelabuhan Indonesia III cabang Tenau Kupang memiliki peran penting dalam kegiatan perekonomian antar pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur maupun perekonomian nasional. Pelabuhan Tenau Kupang melayani bongkar muat barang dengan peti kemas, bongkar muat Terminal Peti kemas Tenau Kupang selalu mengalami peningkatan dalam setiap tahunnya, sehingga diperlukan perluasan dan penambahan tambatan pada dermaga untuk mengantisipasi lonjakan arus bongkar muat dalam setiap tahun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemanfaatan lapangan penumpukan petikemas dan mengetahui tingkat pemanfaatan serta kebutuhan perpanjangan dermaga Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder yaitu data operasi pelabuhan selama 5 tahun terakhir (tahun 2015 sampai dengan tahun 2019). Analisis untuk menghitung tingkat pemanfaatan lapangan penumpukan menggunakan metode Yard Occupancy Ratio sedangakan analisi untuk tingkat pemanfaatan dermaga menggunakan metode Bert Occupancy Ratio, dan analisis perpanjangan serta elevasi Dermaga Terminal Petikemas Pelabuhan Tenau Kupang dilakukan berdasarkan perkiraan arus kapal dan arus petikemas dengan menggunakan metode regresi linear. Hasil penelitian pada tahun 2020 sampai 2029 arus petikemas dan kapal mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Pada tahun proyeksi 2027 nilai YOR mencapai 82,69% dan nilai BOR tahun proyeksi 2024 mencapai 51,77%. United Nation Conference On Trade And Development menyarankan untuk pengoptimalan kinerja pelabuhan nilai YOR tidak melebihi 80% dan untuk nilai BOR terhadap 2 tambatan adalah 50%. Optimalisasi kinerja lapangan penumpukan petikemas dilakukan dengan merubah susunan petikemas pada lapangan penumpukan dari 4 tumpukan menjadi 5 tumpukan dan menekan Dwelling Time dari 5 hari menjadi 4 hari. Optimalisasi kinerja dermaga dilakukan dengan penambahan panjang dermaga 176,55m sehingga total panjang dermaga 414m, dengan 3 tambatan. Dengan optimalisasi tersebut dapat menurunkan nilai YOR untuk arus petikemas dan nilai BOR untuk arus kapal pada tahun mendatang. Kata Kunci : Pelabuhan Tenau Kupang, Petikemas, dermaga, YOR, BOR, dan tambatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 13 Sep 2022 09:16
Last Modified: 13 Sep 2022 09:16
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1536

Actions (login required)

View Item View Item