ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN UPDATE STATUS DELIVERY ORDER OLEH PETUGAS ANTARAN DI PT POS INDONESIA (PERSERO) MAUMERE 86100 (KP 16.19.22.98)

Tegu, Helenia Finishita and Adriant, Irayanti (2022) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN UPDATE STATUS DELIVERY ORDER OLEH PETUGAS ANTARAN DI PT POS INDONESIA (PERSERO) MAUMERE 86100 (KP 16.19.22.98). [Experiment]

[img] Text
Helenia Finishita Tegu_16119083_Laporan Kerja Praktik - Helenia Finishita.pdf

Download (2MB)

Abstract

PT Pos Indonesia (Persero) merupakan perusahaan BUMN yang bergerak dibidang jasa pengiriman surat maupun barang . Dalam menjalankan kebijakan yang diambil kantor pusat, kantor regional berperan sebagai penggerak kebijakan yang diambil untuk diterapkan diwilayah masing-masing, salah satunya yaitu Regional 5 yang membawahi wilayah Provinsi Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT. Di provinsi NTT tepatnya di Kabupaten Sikka, terdapat Kantor Pos Pemeriksa (KPRK) Maumere 86100, dimana Kantor Pos ini membawahi 10 Kantor Cabang yakni KCP Paga,KCP Lela, KCP Kewapante, KCP Bola, KCP Talibura, KCP Boru, KCP Larantuka, KCP Waiwerang, KCP Lewoleba dan KCP Menanga. Dalam melaksanakan aktivitas pengiriman dan penerimaan barang, Kantor Pos Maumere menggunakan 2 sistem yakni Sistem Mile App dan Sistem Ipos. Kedua sistem tersebut menunjang segala aktivitas yang dilakukan, mulai dari proses receiving, baging, unbaging, manifest R7, Bag In Bag dan labeling serta update status delivery order. Dari proses tersebut, permasalahan yang sering terjadi yakni pada proses update status delivery order, yaitu petugas antaran terlambat untuk melakukan update status delivery order. Keterlambatan update status delivery order menyebabkan adanya pengurangan gaji bagi petugas antaran dan menjadikan persentasi antaran menurun atau masuk kedalam zona merah. Masalah tersebut diakibatkan oleh beberapa faktor yakni man (manusia), method (metode) dan Sistem (sistem). Sehingga dari permasalahan yang ada, terdapat beberapa usulan perbaikan yakni memberikan pelatihan secara berkala, melakukan briefing sebelum melakukan pengantaran, memberikan peringatan atau sanksi, melakukan pemeliharaan pada IPOS sistem dan Mile App Sistem, membuat tenggat waktu dan notifikasi pada Sistem, melakukan penyusunan instruksi kerja secara tertulis dan membuat SOP mengenai update status delivery order. Kata Kunci : Keterlambatan, man, method,Sistem,delivery order dan SOP.

Item Type: Experiment
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 23 Nov 2022 04:34
Last Modified: 23 Nov 2022 04:34
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1577

Actions (login required)

View Item View Item