RAMADHANTY, ADINDA SHAFIRA and Syafrianita, Syafrianita (2022) ANALISIS BATASAN TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN FREIGHT FORWARDER ATAS AJUAN KLAIM KARGO RUSAK CUSTOMER (STUDI KASUS PT JPT JATIDIRI TRANS). [Experiment]
Text
Laporan Kerja Praktik_Adinda Shafira Ramadhanty_13119061 - Adinda Shafira.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian yang dilakukan oleh penulis antara lain: 1. Kerusakan kargo yang dialami oleh customer terbagi menjadi tiga jenis yaitu rusak dikarenakan robek, basah, dan berjamur. Adapun kerusakan kargo juga dapat terjadi pada saat kegiatan unstuffing kargo yang mana 3 faktor utama kerusakan berkaitan dengan mesin, manusia, dan lingkungan. 2. PT JPT Jatidiri Trans memiliki batasan tanggung jawab terkait dengan ajuan klaim kargo rusak customer dikarenakan kerusakan kargo tersebut belum tentu merupakan kesalahan dari pihaknya, maka perusahaan akan melakukan investigasi secara mandiri untuk me-recheck apakah kargo telah rusak dari awal pengiriman ataukah tidak. Sehingga, dapat diketahui bahwasannya perusahaan perlu memberikan biaya ganti rugi kepada customer atau tidak. Namun, perusahaan juga dapat memberikan biaya kepada customer untuk menjaga loyalitas customer kepada perusahaan. 3. Untuk meminimalisir terjadinya ajuan klaim atas kerusakan kargo dapat dilakukan dengan menangani shipment kargo baik ekspor maupun impor sesuai dengan prosedur yang berlaku. Dengan menangani kargo sesuai prosedur, maka perusahaan akan menekan timbulnya kerusakan kargo yang mana akan berdampak pada pengajuan klaim kerusakan oleh customer.
Item Type: | Experiment |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 28 Nov 2022 02:16 |
Last Modified: | 28 Nov 2022 02:16 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/1637 |
Actions (login required)
View Item |