NURHAYATI, NINA and Triputranto, Bambang and SUGESTI, HESTI (2023) PENGARUH FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA GRAND SETIABUDI HOTEL & APARTMENT BANDUNG (1.4.4.23.008/NIN/P). Diploma thesis, ULBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam dunia bisnis sangat berkambang terutama dalam bidang jasa yaitu industri perhotelan merupakan bisnis yang paling diminati oleh para pengusaha hotel di dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen melalui fasilitas yang diberikan oleh hotel terhadap konsumen. Masalah yang dihadapi perusahaan dalam penelitian ini yaitu sejak covid19 melanda dunia adanya penurunan penjualan kamar dan penurunan kepuasan konsumen terhadap fasilitas yang diberikan Hotel Grand Setiabudi, sehingga menyebabkan terjadinya kurangnya kepuasan konsumen terhadap Hotel Grand Setiabudi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pada Grand Setiabudi Hotel & Apartment Bandung. Variabel yang diteliti meliputi fasilitas (X) dengan indikator perencanaan spasial, perencanaan ruangan, perlengkapan/perabotan, sistem pencahayaan dan warna, maksud yang disampaikan secara ilustratif, unsur pendukung dan kepuasan pelanggan (Y) dengan indikator kesesuaian harapan, minat berkunjung kembali, kesediaan merekomendasikan Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan sampel 361 responden yang merupakan konsumen Hotel Grand setiabudi. Pengambilan sampel ini dilakukan menggunakan probability sampling dan Teknik pengambilan data melalui kuesioner dan studi Pustaka. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear sederhana, uji F dengan menggunakan bantuan SPSS for windows versi 17.0 Hasil nilai uji simultan adalah 0,000 yang bermakna nilai < 0,05, maka berdasarkan ini dapat diketahui bahawa H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diketahui fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada Grand Setiabudi Hotel & Apartment Bandung. Dari hasil nilai output pada koefisien Determinasi pada kolom R Square mendapatkan nilai 0,776. Sehingga dapat disimpulkan bahawa terdapat 77,6% dari kepuasan pelanggan di hotel grand setiabudi dipengaruhi oleh fasilitas. Sedangkan sisanya 22,4% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata Kunci : Fasilitas, Kepuasan Konsumen, Hotel Grand Setiabudi vii ABSTRACT In the current era of globalization, the business world is developing very rapidly, In the business world, it is very developing, especially in the service sector, namely the hospitality industry is the business that is most in demand by hotel entrepreneurs in the world. This study aims to determine customer satisfaction through the facilities provided by the hotel to consumers. The problem faced by the company in this research is that since Covid19 hit the world there has been a decrease in room sales and a decrease in consumer satisfaction with the facilities provided by the Grand Setiabudi Hotel, causing a lack of customer satisfaction with the Grand Setiabudi Hotel. This study aims to determine the effect of facilities on satisfaction at the Grand Setiabudi Hotel & Apartment Bandung. The variables studied include facilities (X) with spatial planning indicators, room planning, equipment/furniture, lighting and color systems, illustrative intentions, supporting elements and customer satisfaction (Y) with indicators of suitability of expectations, intention to revisit, willingness to recommend The method used in this research is a quantitative method. This study uses a descriptive approach with a sample of 361 respondents who are consumers of Hotel Grand Setiabudi. Sampling was carried out using probability sampling and data collection techniques through questionnaires and library research. The data collection method used is a questionnaire. The data analysis method used is validity and reliability test, classic assumption test, simple linear regression, F test using SPSS for windows version 17.0. The result of the simultaneous test value is 0.000 which means the value is <0.05, so based on this it can be seen that H0 is rejected and H1 is accepted. So that it can be seen that facilities have a significant effect on customer satisfaction at the Grand Setiabudi Hotel & Apartment Bandung. From the results of the output value on the coefficient of determination in the R Square column, it gets a value of 0.776. So it can be concluded that 77.6% of customer satisfaction at the Grand Setiabudi hotel is influenced by facilities. While the remaining 22.4% is influenced by other variables. Keywords: Facilities, Customer Satisfaction, Hotel Grand Setiabudi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 06:33 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 06:33 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2176 |
Actions (login required)
View Item |