PENGARUH TINGKAT KEAMANAN TRANSAKSI E-PAYMENT TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA BANDUNG JAWA BARAT (1.4.4.23.011/SEL/P)

FARADINA, SELIN and Anggraeni, Angga Dewi and Triputranto, Bambang (2023) PENGARUH TINGKAT KEAMANAN TRANSAKSI E-PAYMENT TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER PADA MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA BANDUNG JAWA BARAT (1.4.4.23.011/SEL/P). Diploma thesis, ULBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Faradina, Selin. 2023. Pengaruh Tingkat Keamanan Transaksi E-Payment Terhadap Keputusan Menggunakan Shopee Paylater Pada Marketplace Shopee Di Kota Bandung Jawa Barat. Seminar Proposal, Manajemen Perusahaan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Pembimbing : Dr. Angga Dewi Anggraeni, SE., MM., CRP, Bambang Triputranto, SE,. MM Kata Kunci : keamanan dan keputusan pembelian Industri fintech di Indonesia di dominasi pada bidang jasa keuangan terutama pada pendanaan (lending) sebesar 50%. Fintech lending merupakan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi. Dalam implementasinya, setiap transaksi memiliki risiko yang membuat konsumen ragu dan takut untuk menggunakan. Shopee memiliki layanan fitur paylater yang dapat digunakan konsumen untuk beli sekarang, bayar nanti. Pada website resmi Shopee menyampaikan layanan SPaylater terjamin aman dalam bertransaksi. Namun modus kejahatan siber selalu berkembang, maka muncul pembobolan akun sampai disalahgunakan. Dari hal ini timbul kekecewaan pada konsumen bahkan tidak ingin lagi menggunakan layanan SPaylater. Dengan begitu, peneliti mengusulkan agar tingkat keamanan menjadi solusi dari permasalahan ini. Dan memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat keamanan, keputusan pembelian, pengaruh dimensi jaminan keamanan terhadap keputusan pembelian, pengaruh dimensi kerahasiaan data terhadap keputusan pembelian dan pengaruh keamanan terhadap keputusan pembelian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survei dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Populasi penelitian ini adalah pengguna Shopee Paylater. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik non probability dengan metode accidental sampling. Besar sampel pada penelitian ini adalah 100 responden. Setelah data terkumpul, maka akan diolah dengan uji validitas, uji reliabilitas. Untuk menjawab rumusan masalah dilakukan statistik deskriptif dan regresi linier sederhana, serta untuk membuktikan hipotesis peneliti digunakan Uji T, Uji F dan koefisien determinan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan variabel keamanan terhadap keputusan pembelian dengan tingkat presentase sebesar 68% sedangkan untuk 32% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar variabel yang tidak diteliti. Dimana dimensi tertinggi dari keamanan adalah kerahasiaan data, sedangkan untuk dimensi tertinggi dari keputusan pembelian adalah pilihan produk.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 07 Mar 2024 06:48
Last Modified: 07 Mar 2024 06:48
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item