ANALISIS RUTE DELIVERY (ANTARAN) PADA PERUSAHAAN JASA KURIR DI KOTA BANDUNG

Nariendra, Pradhana Wahyu and Saputri, Anugrah Wiwit Probo and Lumbangaol, Chrisye L (2021) ANALISIS RUTE DELIVERY (ANTARAN) PADA PERUSAHAAN JASA KURIR DI KOTA BANDUNG. Jurnal Manajemen Logistik dan Transportasi, 7 (1). pp. 63-75. ISSN 2442-9341

[img] Text
Vol 7 No.1 - Artikel 5 Pradhana, Wiwit, Chrisye.pdf

Download (442kB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan pasar e-commerce di Indonesia pada beberapa tahun terakhir ini menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Bisnis dengan sistem yang terus berkembang mendorong para pengusaha jasa pengiriman barang saling berlomba online untuk mendapatkan pangsa pasar yang besar. PT. Pos Indonesia merupakan salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di jasa kurir terbesar dan tertua di Indonesia. Namun pada kenyataannya, PT. Pos Indonesia kalah bersaing dengan jasa ekspedisi swasta lainnya. Permasalahan distribusi pada jaringan transportasi PT. Pos Indonesia merupakan permasalahan penting dalam menunjang pengiriman barang yang cepat sampai ke konsumen. Pada penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah pada proses delivery (antaran) dari Distribution Centre Cipedes ke alamat konsumen yang dapat diformulasikan dengan menggunakan Vehicle Routing Problem yaitu Metode Saving Matrix. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil, yaitu jumlah rute/kendaraan adalah sebesar 30 rute/kendaraan pada kondisi eksisting dan 18 rute/kendaraan pada rute usulan. Total jarak tempuh adalah 535,8 km/hari pada kondisi eksisting dan 266,7 km/hari pada rute usulan. Total waktu pelayanan adalah 6.023 menit/hari pada kondisi eksisting dan 5.440 menit/hari pada rute usulan. Sedangkan penghematan biaya transportasi apabila menggunakan rute usulan adalah sebesar Rp1.233.926,-/hari. Kata kunci: Rute, Distribusi, Kurir, Saving Matrix, Vehicle Routing Problem ABSTRACT The development of the e-commerce market in Indonesia in recent years has shown a significant increase. Businesses with online systems that continue to grow encourage entrepreneurs of freight forwarders to compete with each other to get a large market share. PT. Pos Indonesia is one of the State-Owned Enterprises which is engaged in the largest and oldest courier service in Indonesia. But in fact, PT. Pos Indonesia is unable to compete with other private expedition services. Distribution problems on the transportation network of PT. Pos Indonesia is an important issue in supporting fast delivery of goods to consumers. In this study, the focus of research is on the delivery process from the Cipedes Distribution Center to the consumer's address which can be formulated using the Vehicle Routing Problem, namely the Saving Matrix Method. Based on the results of the study, it was obtained that the number of routes/vehicles was 30 routes/vehicles in the existing condition and 18 routes/vehicles on the proposed route. The total mileage is 535.8 km/day on the existing condition and 266.7 km/day on the proposed route. The total service time is 6,023 minutes/day on the existing condition and 5,440 minutes/day on the proposal route. Meanwhile, the transportation cost when using the project route is Rp 1,233,926, -/day. Keywords: Routes, Distribution, Courier, Saving Matrix, Vehicle Routing Problem

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 14 Feb 2022 03:26
Last Modified: 14 Feb 2022 03:26
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/22

Actions (login required)

View Item View Item