PENGARUH FEAR of MISSING OUT (FoMO) DAN HEDONIC SHOPPING TERHADAP IMPULSIVE BUYING DI E-COMMERCE SHOPEE PADA HARI BELANJA ONLINE NASIONAL (HARBOLNAS) (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Logistik dan Bisnis Internasional) (1.4.4.23.023/DED/P)

ANDRIANSAH, DEDI and Handayani, Senny and Triputranto, Bambang (2023) PENGARUH FEAR of MISSING OUT (FoMO) DAN HEDONIC SHOPPING TERHADAP IMPULSIVE BUYING DI E-COMMERCE SHOPEE PADA HARI BELANJA ONLINE NASIONAL (HARBOLNAS) (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Logistik dan Bisnis Internasional) (1.4.4.23.023/DED/P). Diploma thesis, ULBI.

Full text not available from this repository.

Abstract

Andriansah, Dedi. 2023. “Pengaruh Fear of Missing Out (FoMO) dan Hedonic shopping Terhadap Impulsive buying Di E-commerce SHOPEE Pada Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional)”. Laporan Tugas Akhir, Sarjana Terapan Manajemen Perusahaan, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Dosen Pembimbing: Senny Handayani Suarsa,SE.,MM Bambang Triputranto, SE.,MM Peningkatan pengguna internet di Indonesia telah membawa perubahan signifikan dalam gaya hidup konsumen, mempermudah akses informasi dan transaksi belanja online, serta membuka peluang bisnis online yang besar. Shopee dan Tokopedia menjadi platform e-commerce yang paling diminati, mengubah preferensi konsumen untuk berbelanja secara online. HARBOLNAS sebagai acara tahunan berhasil mendorong konsumen untuk berbelanja online dengan menawarkan diskon, potongan harga, dan program promosi menarik. Namun, fenomena FoMO dan Hedonic shopping yang muncul saat HARBOLNAS dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. FoMO mendorong pembelian impulsif, sedangkan Hedonic shopping memberikan kepuasan emosional dan kesenangan pribadi. Akibatnya, kehadiran HARBOLNAS dan pengaruh FoMO serta Hedonic shopping dapat menyebabkan pembelian tidak terencana, di mana konsumen cenderung membeli produk tanpa pertimbangan yang matang, dipengaruhi oleh faktor-faktor emosional dan kesenangan. Metode Penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif dengan metode survei, dimana rancangan penelitian ini deskriptif asosiatif. Variabel eksogen Fear of Missing Out (FoMO) (X1) dan Hedonic shopping (X2). Variabel endogen Impulsive buying (Y). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian berjumlah 2.711 Orang, dengan jumlah sampel 350, teknik sampling yang digunakan adalah non-probability purposive sampling. Teknik analisis data mengunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Fear of Missing Out dan Hedonic shopping memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Impulsive buying saat terjadi hari belanja online nasional pada e-commerce shopee di kalangan mahasiswa Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional. Kata Kunci: Fear of Missing Out (FoMO), Hedonic shopping, Impulsive buying, Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS), Shopee

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 07 Mar 2024 08:01
Last Modified: 07 Mar 2024 08:01
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2203

Actions (login required)

View Item View Item