ANALISIS KUALITAS JASA PENGIRIMAN BARANG PELAKU BISNIS E-COMMERCE DAN RANCANGAN SISTEM PENGIRIMAN BARANG PELAKU BISNIS E-COMMERCE LOGISTICS DI GRAHA POS INDONESIA (Persero) BANDUNG (16114097)

Hidayah, Nurul and Wangsaputra, Rachmawati and Martua, Tulus (2019) ANALISIS KUALITAS JASA PENGIRIMAN BARANG PELAKU BISNIS E-COMMERCE DAN RANCANGAN SISTEM PENGIRIMAN BARANG PELAKU BISNIS E-COMMERCE LOGISTICS DI GRAHA POS INDONESIA (Persero) BANDUNG (16114097). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (200kB)

Abstract

ABSTRAK e-Commerce adalah sistem belanja secara elektronik atau online, dimana antara penjual dengan pembeli hanya bertemu lewat dunia maya. Pertumbuhan e-Commerce yang semakin cepat menimbulkan dampak bagi perusahaan jasa pengiriman barang untuk semakin meningkatkan kualitasnya agar mampu bersaing dengan competitor. PT Pos Indonesia (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa kurir, dan logistik yang harus terus meningkatkan kualitas jasa pengiriman khususnya untuk pengiriman barang pelaku bisnis e-Commerce. Berdasarkan penelitian, pengiriman barang khusus pelaku bisnis e-Commerce di PT Pos Indonesia (Persero) masih terlihat belum mampu memuaskan para pelanggannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis masalah yang mengakibatkan jasa pengiriman barang pelaku bisnis e-Commerce tersebut masih belum baik dan meningkatkan kualitas jasa pengiriman barang pelaku bisnis e-Commerce, serta memperbaiki sistem pengiriman barang pelaku bisnis e-Commerce. Metodologi penelitian ini terdiri dari proses perancangan, pembentukan dan penyebaran kuesioner sebagai alat bantu dalam menilai tingkat kualitas jasa pengiriman barang pelaku bisnis e-Commerce dengan dua jenis responden yaitu responden pebisnis online dan responden pelanggan bisnis online yang masing-masing terdiri dari 222 responden. Pengolahan data kuesioner dihitung dengan penentuan skala Likert. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menemukan salah satu yang menjadi faktor kualitas jasa pengiriman barang pelaku bisnis e-Commerce masih belum baik, yaitu ketidaksesuaian estimasi waktu pengiriman barang sesuai ketentuan . Hasilnya peneliti memberikan usulan berupa saran dan perbaikan sistem pengiriman barang untuk mempermudah proses transaksi bagi pelaku bisnis e-Commerce, dimana nantinya para pelaku bisnis e-Commerce akan mengirimkan dan mengecek kondisi dan keberadaan barang secara online serta dapat memilih penanganan barang tersebut sesuai dengan keinginan para pelaku bisnis e-Commerce melalui sebuah sistem atau aplikasi praktis yang disebut dengan fast_pos. Kata Kunci : e-Commerce, Kualitas Layanan, Logistics e-Commerce

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Biaya Transportasi > School of Physics
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 09 Mar 2022 02:54
Last Modified: 09 Mar 2022 02:54
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item