NUR RAHMAD, NAFIKA and Nurjanah, Noneng and Minang Lati, Gayuh (2023) EVALUASI PELAYANAN JASA KARGO DAN POST PESAWAT UDARA (PJKP2U) DI PT ANGKASA PURA 1 BANDARA ADISUJIPTO MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN QSPM (5203004). Diploma thesis, ULBI.
Full text not available from this repository.Abstract
Rahmad, Nafika, Nur.2023. Evaluasi Pelayanan Jasa Kargo dan Pos Pesawat Udara (PJKP2U) di PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Menggunakan Metode SWOT Dan QSPM. Tugas Akhir, Program Studi Diploma III Administrasi Logistik, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional. Pembimbing:Noneng Nurjanah. SP., MT. Kata Kunci: Perencanaan Strategi, PT Angkasa Pura I Bandar Udara Adisutjipto Yogyakarta merupakan salah satu kantor cabang yang diberikan wewenang PT Angkasa Pura I untuk mengelola Bandar Udara Adisutjipto sejak tanggal 1 April 1992. Dalam mengelola bandar udara Adisutjipto PT Angkasa Pura I mengalami permasalahan pada jumlah pendapatan yang mengalami penurunan setiap tahunnya serta tidak tercapainya target pendapatan pada Pelayanan Jasa Kargo dan Pos Pesawat Udara (PJKP2U). Maka dengan adanya kondisi bandar udara saat ini, dibutuhkan suatu cara untuk dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, salah satunya dengan dilakukanya perbaikan strategi bisnis yang dapat dilakukan perusahaan untuk dapat meningkatkan pendapatan. Oleh karena itu penulis ingin melakukan evaluasi pendapatan Pelayanan Jasa Kargo Dan Pos Pesawat Udara (PJKP2U) di PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto menggunakan metode SWOT dan QSPM berdasarakan faktor internal dan eksternal. Metode SWOT merupakan proses identifikasi berbagai faktor yang sistematis untuk menentukan rumusan yang tepat dan dapat memberikan strategi perusahaan yang terbaik. Sedangkan metode QSPM merupakan tahapan terakhir dalam melakukan formulasi strategi dan secara jelas menunjukan strategi alternatif yang paling terbaik untuk dipilih. Maka berdasarkan penelitian yang telah dilakukandidapatkan faktor kekuatan terbesar yang dimiliki PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto berdasarkan matriks IFE yaitu aktif melakukan penelitian dan pengembangan dengan nilai sebesar 0,52, sedangkan minimnya publikasi menjadi kelemahan yang dimiliki perusahaan dengan nilai 0,38. Sedangkan peluang terbesar yang dimiliki perusahaan berdasarkan matriks EFE yaitu adanya pertumbuhan perusahaan freight forwarding dan meningkatnya transaksi e- commerce dengan nilai sebesar 0,64, serta adanya inovasi bandara baru dalam melakukan pengembangan teknologi dan mitra pengguna jasa yang lebih tertarik berbisnis ke bandara baru menjadi ancaman yang cukup serius bagi perusahaan dengan nilai sebesar 0,33. Sedangkan strategi prioritas yang dapat diterapkan perusahaan yaitu melakukan pengembangan terminal kargo dan pos pada lini 1 dengan menerapkan fulfilment center (7,24), melakukan kerja sama (partnership) dengan perusahaan Freight Forwarding yang potensial (7,07) dan meningkatkan upaya publikasi dan promosi dengan direct marketing (6,69).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 04:26 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 04:26 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2244 |
Actions (login required)
View Item |