Agustina Kamsari, Nurlia and Nur Siswanto,, Budi and Kumala Dewi,, Nurlaela (2024) IDENTIFIKASI RISIKO KONTRAK PADA LAYANAN LOGISTIK PIHAK KETIGA (3PL)(TA.16.20.24.22) (Studi Kasus: Pada Penyedia Layanan Logistik Berkah Expedisi Transportasi Bandung). Masters thesis, Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
IDENTIFIKASI RISIKO KONTRAK PADA LAYANAN LOGISTIK PIHAK KETIGA (3PL) (Studi Kasus: Pada Penyedia Layanan Logistik Berkah Ekspedisi Transportasi) Nurlia Agustina Kamsari Program Studi S-1 Manajemen Logistik, Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional ABSTRAK Berkah Ekspedisi Transportasi merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa layanan logistik di Kota Bandung. Pelayanan yang diberikan perusahaan ini berupa jasa pengangkutanatau pengiriman barang dari gudang ke gudang maupun antar instansi yang memiliki kepentingan didalamnya. Adapun pengkategorian pengiriman nya yaitu pengiriman reguler dan non-reguler. Pada pengiriman non- reguler merupakan pengadaan unit kendaraan yang tidak stabil atau dapat berubah sesuai dengan kebutuhan pengiriman. Karna pengiriman nya yang bersifat tidak pasti, maka pada kerjasama tersebut sering terjadi permasalahan yang merugikan pihak Berkah Ekspedisi Transportasi sebagai pihak ketiga, kerugian tersebut diakibatkan ketiadaan kontrak kerjasama antara pihak Berkah Ekspedisi Transportasi dan pengguna jasa layanan logistik nya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi risiko kontrak pada penyedia jasa layanan logistik dan pengguna jasa layanan logistik, serta memberikan alternatif strategi penanganan risikonya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan HOR (House of Risk) Fase 1, Diagram Pareto dan HOR (House of Risk) Fase 2. Hasil yang didapatkan dari penggunaan metode HOR 1, didapatkan hasil perhitungan ARP (Agregate Risk Potential) nya yaitu terdapat 5 urutan tertinggi dari nilai dampak risiko dan peluang terjadinya risiko, dan setelah dilakukan perhitungan persentase kumulatif nya menggunakan diagram pareto untuk menentukan prioritas penyebab nya terdapat 5 prioritas penyebab risiko yang dianggap dapat merugikan perusahaan, yaitu risiko keterlambatan pembayaran (A8), ketidaksesuaian informasi dan kenyataan (A1), kelalaian supir (A2), dan keterlambatan atau kegagalan pengiriman dengan tepat waktu (A7). Kemudian, dengan menggunakan model HOR (House of Risk) fase 2 digunakan untuk menentukan penanganan mitigasi risiko yang paling efektif berdasarkan penyebab risiko yang sudah diketahui, yaitu menentukan hak dan kewajiban setiap pihak (MA8), kemudian strategi mitigasi menentukan sanksi (MA7), menentukan force majeure (MA9), mengatur tanggung jawab atas kerugian (MA6), menentukan tempo pembayaran (MA5). Kata kunci: Manajemen risiko, Kontrak, HOR (House of Risk), Third Party Logistics (3PL), Pengadaan viii Universitas Logistik dan Bisnis Internasional IDENTIFICATION OF CONTRACT RISKS IN THIRD PARTY LOGISTICS SERVICES (3PL) (Case Study of Logistics Service Provider Berkah Expedition Transportation Bandung) Nurlia Agustina Kamsari Logistics Management Department, Faculty of Logistics, Technology and Business, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional ABSTRACT Berkah Ekspedisi Transportasi is one of the logistics service providers in Bandung. The services provided by this company are in the form of transport services or delivery of goods from warehouse to warehouse or between agencies that have an interest in it. The categorisation of shipments is regular and non-regular shipments. Non-regular shipping is the procurement of vehicle units that are not stable or can change according to shipping needs. Because of its uncertain delivery, the cooperation often occurs problems that harm the Berkah Ekspedisi Transportasi as a third party, the loss is caused by the absence of a cooperation contract between the Berkah Ekspedisi Transportasi and users of its logistics services. This study aims to identify contractual risks in logistics service providers and logistics service users, and provide alternative risk handling strategies. The methods used in this research are HOR (House of Risk) Phase 1, Pareto Diagram and HOR (House of Risk) Phase 2. The results obtained from using the HOR 1 method, obtained the results of the ARP (Aggregate Risk Potential) calculation, namely there are 5 highest sequences of risk impact values and opportunities for risk occurrence, and after calculating the cumulative percentage using a pareto diagram to determine the priority causes, there are 5 priority causes of risk that are considered to be detrimental to the company, namely the risk of late payment (A8), mismatch of information and reality (A1), driver negligence (A2), and delay or failure to deliver on time (A7). Then, using the HOR (House of Risk) model phase 2 is used to determine the most effective risk mitigation handling based on the known causes of risk, namely determining the rights and obligations of each party (MA8), then the mitigation strategy determines sanctions (MA7), determines force majeure (MA9), regulates responsibility for losses (MA6), determines payment tempo (MA5). Keywords: Risk management, Contract, HOR (House of Risk), Third Party Logistics (3PL), Procurement
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 08:31 |
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:31 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2333 |
Actions (login required)
View Item |