KHOTIMAH, NUR AFNI and Siswanto,, Budi Nur and Adiprasetyo,, Wahyudi (2024) PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES PADA KLASIFIKASI ULASAN PENGGUNA TERHADAP PELAYANAN JNE EKSPRESS DI TWITTER (TA.16.20.24.27). Masters thesis, Universitas Logistik Dan Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES PADA KLASIFIKASI ULASAN PENGGUNA TERHADAP PELAYANAN JNE EKSPRESS DI TWITTER Nur Afni Khotimah S1-Manajemen Logistik ABSTRAK JNE menjadi salah satu jasa ekspedisi yang digemari masyarakat. Namun tidak semua pengiriman yang dilakukan oleh JNE berjalan dengan mulus. Berdasarkaan penelitian terdahulu pada Tahun 2020 menunjukkan bahwa ulasan pengguna JNE di website Google Play termasuk dalam sentiment negative. Selain itu, JNE menduduki posisi kedua dalam jasa ekspedisi penerima keluhan terbanyak pada tahun 2021 berdasarkan report dari YLKI. Hal ini mendorong untuk dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai persepsi pengguna JNE pada media sosial twitter. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui arah sentiment pada pelayanan JNE di twitter, faktor-faktor yang menjadi ulasan negative serta rekomendasi saran yang dapat diberikan untuk mengurangi timbulanya ulasan negative. Metode klasifikasi yang dilakukan menggunakan metode naïve bayes dengan perbandingan data latih 70% dan data uji 30%. Serta metode proses pengolahan data yang dilakukan menggunakan metode data mining SEMMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang telah dibuat memiliki Tingkat akurasi sebesar 81% dan sentiment yang terdapat pada pelayanan JNE lebih condong ke arah negatif dimana sekitar 59,98% merupakan tweet negative, dengan 20 faktor yang menyebabkan timbulnya ulasan negative tersebut. Serta Solusi, yang diberikan adalah untuk melakukan perbaikan pada proses pengiriman, membuat SOP mengenai karyawan dan update status, dan memberikan promo pengiriman. Kata kunci: JNE, Ulasan, Sentimen, Naïve Bayes, Twitter, SEMMA ix APPLICATION OF NAÏVE BAYES METHOD TO USER REVIEW CLASSIFICATION OF JNE EKSPRESS SERVICE ON TWITTER Nur Afni Khotimah S1-Logistics Management ABSTRACT JNE is one of the expedition services favored by the public. However, not all shipments made by JNE went smoothly. Based on previous research in 2020, it shows that JNE user reviews on the Google Play website are included in negative sentiment. In addition, JNE occupies the second position in the most complaint receiving expedition services in 2021 based on a report from YLKI. This prompted further research on the perception of JNE users on Twitter social media. The purpose of this study is to determine the direction of sentiment on JNE services on twitter, factors that become negative reviews and recommendations that can be given to reduce the generation of negative reviews. The classification method was carried out using the naïve bayes method with a comparison of 70% training data and 30% test data. As well as the method of data processing carried out using the SEMMA data mining method. The results showed that the model that had been made had an accuracy rate of 81% and the sentiment contained in JNE services was more inclined towards negative where around 59.98% were negative tweets, with 20 factors causing the emergence of negative reviews. As well as solutions, what is provided is to make improvements to the delivery process, make SOPs regarding employees and status updates, and provide delivery promos. Keywords: JNE, Reviews, Sentiment, Naïve Bayes, Twitter, SEMMA
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 17 Jul 2024 08:51 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 07:34 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2338 |
Actions (login required)
View Item |