Analisis Keterlambatan Pengiriman Barang Dan Usulan Perbaikan Pada Layanan Bisnis Postal Logistic Di PT Pos Logistik Indonesia Branch Office Bandung (TA.13.19.23.39)

Simatupang, Daniel Parningotan and Nariendra, Pradhana Wahyu and Syafrianita, Syafrianita (2023) Analisis Keterlambatan Pengiriman Barang Dan Usulan Perbaikan Pada Layanan Bisnis Postal Logistic Di PT Pos Logistik Indonesia Branch Office Bandung (TA.13.19.23.39). Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perusahaan pengiriman barang di Indonesia saat ini mengalami persaingan yang ketat. Hal tersebut terjadi karena permintaan akan jasa pengiriman barang yang setiap tahun mengalami peningkatan. Agar perusahaan tetap mampu bersaing dengan perusahaan lain yang mengeluarkan jasa sejenis ataupun jasa subtitusi, maka perusahaan harus mampu mengelola perusahaannya dengan baik dan benar, untuk menjaga konsumen agar tidak beralih kepada perusahaan lain. Hal ini terlihat pada PT Pos Logistik Indonesia Branch Office Bandung pada layanan postal logistic yang dimana konsumen tetapnya ialah PT Pos Indonesia. Namun dalam proses pengantaran atau pengiriman kerap terjadi permasalahan yakni keterlambatan pengiriman. Pada penelitian ini mempunyai tujuan yakni mengidentifikasikan aktifitas yang tergolang waste di dalam proses pengantaran, mengetahui faktor-faktor penyebab dan ususlan perbaikan dengan pendekatan lean six sigma. Dari hasil pengolahan yang dilakukan dengan tahapan model DMAIC yaitu define, measure, analyze, improve, dan control ditemukan aktivitas yang tergolong jenis waste waiting sebanyak tujuh aktivitas, defect sebanyak empat aktivitas dan transporting sebanyak tiga aktivitas. Untuk kategori value added ada sebanyak dua belas aktivitas, non value added sebanyak empat aktivitas dan necessary non value adeed sebanyak empat aktivitas. Berdasarkan fishbone diagram terdapat dua faktor utama yang bermasalah yakni faktor money dan faktor machine. Untuk usulan perbaikan dengan cara meminimasi waktu aktivitas per proses dalam bentuk future value stream mapping dan 5W + 1H (what, why, where, when, who, how). Kata Kunci: Lean, Six Sigma, Waste, Keterlambatan Pengiriman Barang,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Jul 2024 06:58
Last Modified: 18 Jul 2024 06:58
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2355

Actions (login required)

View Item View Item