ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENGIRIMAN PAKET PT POS LOGISTIK BANDUNG MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (TA.13.19.23.36)

Sihombing, Vita Evelina and Lestiani, Melia Eka and Syafrianita, Syafrianita (2023) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENGIRIMAN PAKET PT POS LOGISTIK BANDUNG MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL (TA.13.19.23.36). Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PT Pos Logistik Bandung menggunakan metode servqual. Penelitian ini berdasarkan paradigma bahwa pelayanan PT Pos Logistik Bandung menjadi salah satu syarat dalam memenuhi target kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan pengiriman paket yang baik akan memberikan dampak baik kepada perusahaan sehingga perlu mempertahankan performa serta selalu berupaya menemukan solusi perbaikan jika terdapat masalah dalam pelayanan pengiriman paket. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan dan seberapa besar pengaruh pelayanan pengiriman paket di PT Pos Logistik Bandung terhadap loyalitas pelanggan serta upaya apa saja yang dilakukan oleh PT Pos Logistik Bandung dalam mengatasi masalah pelayanan pengiriman paket PT Pos Logistik Bandung. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana, koefisien determinasi serta metode servqual untuk mengolah data hasil penelitian yang dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan PT Pos Logistik Bandung. Data yang telah dikumpulkan diolah menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas yang kemudian dilakukan uji regresi sederhana. Selanjutnya dilakukan uji F untuk menilai distribusi data dan uji t untuk mengetahui signifikansi dari pengaruh kualitas pelayanan pengiriman paket di PT Pos Logistik Bandung. Besaran persentase pengaruh diukur menggunakan koefisien determinasi yang selanjutnya ditentukan indikator kualitas pelayanan yang paling berpengaruh menggunakan metode servqual dan penentuan kesenjangan melalui persentase kesenjangan (gap). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh kepada kepuasan pelanggan PT Pos Logistik Bandung dengan persentase pengaruh sebesar 54,1 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan di PT Pos Logistik Bandung dinilai baik dengan persentase pengaruh sebesar 54,1 % dan PT Pos Logistik Bandung terus memberikan upaya perbaikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan tersebut. Kata Kunci : Pelayanan, Kepuasan pelanggan, PT Pos Indonesia, Logistik, Bandung

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Jul 2024 07:13
Last Modified: 18 Jul 2024 07:13
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2360

Actions (login required)

View Item View Item