Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Ruas Jalan K.H Wahid Hasyim Tanah Abang Jakarta Pusat (TA.13.19.23.25)

Aqilah, Khairani and Prasetyo, Teguh Tuhu and Nariendra, Pradhana W. (2023) Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kapasitas Ruas Jalan K.H Wahid Hasyim Tanah Abang Jakarta Pusat (TA.13.19.23.25). Masters thesis, Universitas Logistik & Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada ruas jalan K.H Wahid Hasyim Jakarta Pusat terdapat pusat perbelajaan Metro Tanah Abang yang merupakan pusat perbelanjaan tekstil dan pakaian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis volume lalu lintas, faktor penyesuaian hambatan samping (FCsf), dan kapasitas rias Jalan K.H Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Data dikumpulkan pada Sabtu, 01 Juli dan Minggu, 02 Juli 2023 selama jam operasional pusat perbelanjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume kendaraan mencapai 100.994 Smp/Jam secara keseluruhan, dengan volume terbesar pada hari Sabtu. Faktor penyesuaian hambatan samping (FCsf) lebih rendah pada Sabtu (0,88 selama jam puncak) dibandingkan dengan Minggu (0,96). Tingginya hambatan samping berpengaruh pada nilai FCsf. Kapasitas jalan tertinggi pada Sabtu terjadi pada pukul 10.00 - 12.15 dengan volume mencapai 2990 Smp/Jam. Pada Minggu, kapasitas tertinggi terjadi pada pukul 12.30 - 17.00 mencapai 2978 Smp/Jam. Analisis regresi linear enter menunjukkan bahwa sekitar 84% kapasitas dipengaruhi oleh FCsf dan faktor penyesuaian akibat pemisah arah (FCsp) pada Sabtu. Sedangkan pada Minggu, sekitar 89% kapasitas dipengaruhi oleh volume kendaraan. Hal ini menunjukkan bahwa faktor penyesuaian hambatan samping (FCsf) pada hari Sabtu lebih rendah daripada hari Minggu. Didapat persamaan analisis regresi linear pada berganda Sabtu adalah Y = -410,35 + 3722,17 X2 - 0,55 X1. Dari hasil analisis regresi berganda dapat dikatakan bahwa sebesar 0,84 atau 84 persen faktor penyesuaian hambatan samping (FCsf) dan faktor penyesuaian akibat pemisah arah (FCsp) berpengeruh terhadap kapasitas sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: hambatan samping, kapasitas jalan, volume lalu lintas, regresi linear

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:02
Last Modified: 18 Jul 2024 08:02
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2367

Actions (login required)

View Item View Item