Pengaruh Berthing Time, Berth Working Time dan Idle time Terhadap produktivitas bongkar muat di Pelindo Multi Terminal Belawan (TA.13.19.23.29)

Simanungkalit, Ningrum Mawarni and Syafrianita, Syafrianita and Lestiani, Melia Eka (2023) Pengaruh Berthing Time, Berth Working Time dan Idle time Terhadap produktivitas bongkar muat di Pelindo Multi Terminal Belawan (TA.13.19.23.29). Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelabuhan Belawan menjadi gerbang penghubung bagi Indonesia di wilayah barat dikarenakan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di wilayah Propinsi Sumatera. Pelabuhan Belawan juga merupakan salah satu Pelabuhan tersibuk, sehingga dalam suatu kegiatan kinerja Pelabuhan selalu menjadi tujuan utama untuk mencapai harapan maupun target yang telah ditetapkan perusahaan, sehingga tidak terjadi produktifitas yang menurun serta mengakibatkan kinerja Pelabuhan terganggu. Penelitian ini mengangkat isu mengenai produktifitas bongkar muat di Pelabuhan mengenai berthing time, berth working time, dan idle time di Pelabuhan pada produktifitas bongkar muat di PT Pelabuhan Multi Terminal Belawan. Masalah yang terjadi pada lokasi penelitian ini adalah terjadinnya penurunan jumlah rata- rata produktifitas Pelabuhan pada tahun 2021-2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah waktu kinerja pelayanan berthing time, berth working time, dan idle time berpengaruh terhadap produktifitas bongkar muat, serta apakah berthing time, berth working time, dan idle time secara simultan memiliki pengaruh terhadap produktifitas bongkar muat di Pelabuhan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Koefisien regresi menunjukan bahwa variabel Berthing time (X1) dan Idle time (X3) memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap produktifitas bongkar muat, sementara Berth working time (X3) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap produktifitas bongkar muat. Uji F menunjukkan bahwa semua variabel independent secara simultan berpengaruh signifikan terhadap produktifitas bonkar muat. Hasil uji Koefisien determinasi menunjukkan bahwa model ini mampu menjelaskan sekitar 73,6 % variasi dalam penurunan produktifitas bongkar muat sedangkan sisannya 26,4 % dijelaskan oleh factor lain yang tidak termasuk dalam penelitian. Kata Kunci : Pelabuhan, berthing time, berth working time, idle time, bongkar muat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:20
Last Modified: 18 Jul 2024 08:20
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2373

Actions (login required)

View Item View Item