ANALISIS KINERJA PELAYANAN DISTRIBUSI BERAS BANTUAN PANGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY

Ndaru, Singgih Rizkya and Adiprasetyo, Wahyudi and Siswanto, Budi Nur (2024) ANALISIS KINERJA PELAYANAN DISTRIBUSI BERAS BANTUAN PANGAN MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY. Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

[img] Text
TA Singgih Rizkya Ndaru - 16117144 - Singgih Rizkya Ndaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia sebagai negara berkembang mempunyai permasalahan kemiskinan yang mana salah satu bentuk pengentasan kemiskinan yang diberlakukan pemerintah Indonesia adalah adanya subsidi beras. Program subsidi beras ini ditujukan sebagai bantuan bentuk bantuan pangan (banpang) bagi masyarakat berpendapatan rendah. Program subsidi beras ini dijalankan dengan menyalurkan beras milik Perum BULOG dimana pada program banpang yang berjalan pada tahun 2023 di Kota Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, dan sejumlah kelurahan dan desa di Kabupaten Bandung. Penyaluran beras banpang pada titik distribusi tersebut dilakukan melalui gudang yang terletak di Kelurahan Utama, Kota Cimahi. Program yang dilaksanakan dengan tujuan untuk mengurangi beban masyarakat ini masih memiliki permasalahan yaitu tidak puasnya pelanggan terhadap kinerja pelayanan distribusi yang dilakukan. Penelitiaan ini diilakukan oleh peneliti dengan tujuan untukk mengeatahui kesenjangan yang ada antara harapan dana kenyataan pada pelayanan yang diberikan PT. Delapan Delapan Logistics yang ditunjuk sebagai distributor beras banpang menggunakan metode servqual. Berdasarkan perhitungan dan analisis yang telah dilakukan ditemukan sebanyak 18 (delapan belas) atribut dari total 26 atribut yang belum memenuhi harapan yang dimiliki pelanggan. Atribut tersebut adalah 3 atribut dari dimensi tangible, 1 atribut dari dimensi empathy, 4 atribut dari dimensi reliability, 3 atribut dari dimensi responsiveness, 3 atribut dari dimensi assurance, dan 4 atribut dari dimensi delivery accuracy. Berdasarkan pengelompokan lebih lanjut menggunakan untuk dilakukan perbaikan berdasarkan pengelompokan Kuadran I diagram IPA terdapat 5 atribut yang perlu diberikan perhatian lebih untuk meningkatkan pemenuhan harapan pelanggan terhadap kinerja yang diberikan perusahaan. Usulan yang dapat direkomendasikan berdasarkan analisis yang dilakukan adalah peningkatan sistem informasi dan pelatihan untuk karyawan guna meningkatkan kinerja seperti yang diharapkan oleh pelanggan. Kata Kunci: Distribusi Beras, Banpang, Servqual, Pengukuran Kualitas Kinerja

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 15 Aug 2024 08:15
Last Modified: 15 Aug 2024 08:15
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2491

Actions (login required)

View Item View Item