ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP INTEGRASI ANTARMODA TRANSPORTASI DI STASIUN KCIC TEGALLUAR

Musyaffa, Raditya and Pakpahan, Hartati Mediyanti and Nariendra, Pradhana Wahyu (2024) ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP INTEGRASI ANTARMODA TRANSPORTASI DI STASIUN KCIC TEGALLUAR. Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

[img] Text
Tugas Akhir_Raditya Musyaffa_13120015 - Raditya Musyaffa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tahun 2023 Kereta Cepat Indonesia Cina telah diresmikan dengan nama (WHOOSH). Berdasarkan survei yang telah dilakukan di Stasiun KCIC Tegalluar sudah memiliki integrasi antarmoda berupa shuttle. Shuttle ini memiliki rute Tegalluar – Soekarno Hatta. Namun masih menjadi pertimbangan bagi pengguna layanan KCIC untuk melakukan keberangkatan ataupun pemberhentian di Stasiun Tegalluar karena tidak memiliki banyak pilihan moda maupun rute pemberhentian dan belum memiliki sistem pembayaran yang terpadu. Hal tersebut menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis kepuasan pelanggan KCIC Tegalluar berdasarkan dimensi dan atribut pelayanan, serta memberikan usulan terhadap atribut pelayanan integrasi antarmoda Stasiun KCIC Tegalluar. Berdasarkan pengolahan dengan metode ServQual, didapat bahwa dimensi pelayanan yang perlu diperbaiki yaitu Jaminan (Assurance) dan Keandalan (Reliability) karena memiliki nilai Gap (>-1). Berdasarkan hasil pengolahan dengan metode IPA, atribut yang menjadi prioritas utama adalah (X5), (X6, (X10) dan (X12). Sehinggan dengan menggunakan analisis 5W+1H penelitian ini dapat memberikan usulan perbaikan atribut pada prioritas utama yaitu (((X5) Menambahkan rute perjalanan shuttle)), ((X6) Menambahkan moda baru seperti kereta feeder.), ((X10) Memperbaiki tiap atribut layanan agar harga tiket sesuai dengan layanan integrasi antarmoda pada Stasiun KCIC Tegalluar), dan ((X12) Memberikan estimasi perjalanan shuttle dengan keberangkatan Kereta Cepat dan menyesuaikan dengan waktu tidak terduga). Kata Kunci : Kereta Cepat, Kepuasan Pelanggan, Stasiun KCIC Tegalluar, Integrasi Antarmoda, Service Quality, Importance Performance Analysis,5W+1H.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Aug 2024 06:42
Last Modified: 21 Aug 2024 06:43
URI: http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2512

Actions (login required)

View Item View Item