Indah, Mufariza Cahya and Dewi, Nurlaela Kumala and Prasetyo, Teguh Tuhu (2024) ANALISIS PELAYANAN ANGKUTAN PERKOTAAN CIMAHI “RUTE CIMAHI – PARONGPONG”. Masters thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.
Text
LAPORAN TUGAS AKHIR_MUFARIZA CAHYA INDAH(13120032) - Mufariza Cahya Indah.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Angkutan perkotaan adalah salah satu transportasi yang beroperasi di Kota Cimahi, dimana kian tahun persentase penggunaan angkutan perkotaan menurun sebanyak 35% pada tahun 2019 – 2022. Penurunan yang terjadi disebabkan oleh sejumlah faktor seperti ketidakpuasan penumpang terhadap pelayanan yang diberikan oleh operator angkutan perkotaan Cimahi. Angkutan perkotaan Cimahi “rute Cimahi – Parongpong” merupakan salah satu rute yang beroperasi, dimana pada rute ini menghubungkan lokasi strategis yang memiliki fasilitas pendukung berupa sekolah, rumah sakit, perkantoran, dan pasar swalayan. Para pengguna angkutan perkotaan rute ini mengeluhkan ketidakpuasan mereka terhadap pelayanan fisik dan pelayanan dari operator itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pelayanan yang diterima oleh pengguna angkutan perkotaan rute Cimahi - Parongpong, serta atribut yang menjadi prioritas perbaikan dan usulan yang dapat diterapkan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah Service Quality (ServQual) dan Important Perfomance Analysis (IPA), hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pada pelayanan angkutan kota trayek Cimahi - Parongpong belum 100% sesuai dari harapan para penumpang, dimana didapatkan hasil sebesar 29% masih ada penumpang yang merasakan pelayanan yang didapatkan belum memuaskan. Selain itu atribut yang termasuk ke dalam prioritas utama yang perlu diperbaiki terdiri dari 5, dan usulan yang ditawarkan dalam upaya meningkatkan atribut prioritas adalah dengan memberikan titik lokasi pengadaan halte, rambu pemberhentian, papan tarif & rute, serta penegasan pictogram pada setiap angkutan perkotaan yang beroperasi di rute Cimahi - Parongpong. Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Angkutan Perkotaan, Service Quality, Importance Perfomance Analysis
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 04:14 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 04:14 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/2524 |
Actions (login required)
View Item |