IMPLEMENTASI PATHFINDING DALAM PENGEMBANGAN GAME 3D DENGAN UNREAL ENGINE 5 (TA.2.24.007)

NAOFAL, NAWAF (2024) IMPLEMENTASI PATHFINDING DALAM PENGEMBANGAN GAME 3D DENGAN UNREAL ENGINE 5 (TA.2.24.007). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan dan menguji efektivitas sistem pathfinding dalam pengembangan game 3D menggunakan Unreal Engine 5. Pathfinding adalah teknik dalam kecerdasan buatan yang memungkinkan entitas dalam game, seperti karakter non-pemain (NPC), untuk menavigasi lingkungan dengan cara yang efisien dan realistis. Dalam game 3D modern yang memiliki lingkungan yang luas dan kompleks, implementasi pathfinding yang efektif menjadi semakin penting untuk menciptakan pengalaman bermain yang imersif.Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan dan spesifikasi game, diikuti oleh perencanaan implementasi pathfinding dan pengembangan lingkungan game. Pathfinding diimplementasikan menggunakan alat AI yang tersedia di Unreal Engine 5, termasuk NavMesh dan Behavior Trees. Tiga skenario pengujian dirancang untuk mengevaluasi kinerja NPC dengan pathfinding dibandingkan dengan NPC tanpa pathfinding.Hasil pengujian menunjukkan bahwa NPC dengan pathfinding secara signifikan lebih efisien dan efektif dalam menavigasi lingkungan permainan. NPC dengan pathfinding berhasil mencapai tujuan dengan waktu yang lebih singkat dan jumlah rintangan yang lebih sedikit dilewati dibandingkan dengan NPC tanpa pathfinding. Hal ini menunjukkan bahwa pathfinding yang diimplementasikan berhasil meningkatkan kualitas navigasi NPC, membuat mereka lebih responsif dan realistis dalam berinteraksi dengan lingkungan permainan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi pathfinding menggunakan Unreal Engine 5 dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas navigasi NPC dalam game 3D. Saran untuk penelitian selanjutnya termasuk pengembangan metode pathfinding lain, peningkatan kompleksitas lingkungan, integrasi dengan sistem AI lain, uji coba pada berbagai genre game, dan optimalisasi kinerja pathfinding. Diharapkan, penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan teknologi AI dan pathfinding dalam industri game, serta menciptakan pengalaman bermain yang lebih baik bagi pemain. Kata kunci: pathfinding, Unreal Engine 5, NPC, game 3D, AI, NavMesh, Behavior Trees

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Sekolah Vokasi > Teknik Informatika D4
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:56
Last Modified: 21 Nov 2024 04:56
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2666

Actions (login required)

View Item View Item