Analisis tingkat kepuasan penumpang bus Damri trayek Bandung - Kertajati menggunakan metode Importance Performance Analisis (IPA) fan Customer Satisfaction Index (CSI) (TA.12.24.001)

AGUSTIN, JESSICA (2023) Analisis tingkat kepuasan penumpang bus Damri trayek Bandung - Kertajati menggunakan metode Importance Performance Analisis (IPA) fan Customer Satisfaction Index (CSI) (TA.12.24.001). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan penumpang bus DAMRI rute Bandung-Kertajati dengan menggunakan teknik “Importance Performance Analysis” (IPA) dan “Customer Satisfaction Index” (CSI).Transportasi merupakan sektor penting yang mendukung pergerakan masyarakat dan perekonomian.Sebagai penyedia jasa angkutan bus, DAMRI menawarkan berbagai rute termasuk rute Bandung-Kurtajati yang menghubungkan dua kota penting di Jawa Barat.Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penumpang dan mengevaluasi kinerja pelayanan bus DAMRI.Data dikumpulkan melalui survei dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 penumpang bus DAMRI rute Bandung- Kertajati.Analisis IPA digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik layanan yang perlu ditingkatkan dan dipertahankan, dan CSI digunakan untuk mengukur kepuasan penumpang secara keseluruhan.Berdasarkan hasil penelitian, atribut ketepatan waktu (nilai korelasi 0,640), kenyamanan fasilitas (nilai korelasi 0,755), dan kualitas pelayanan awak bus (nilai korelasi 0,750) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang.Berdasarkan hasil IPA, atribut-atribut pada Kuadran I mempunyai tingkat kepentingan yang tinggi namun kinerjanya rendah dan perlu ditingkatkan sebagai prioritas.Customer Satisfaction Index (CSI) menunjukkan penumpang sangat puas terhadap pelayanan yang diberikan dengan skor CSI sebesar 87,1929%, namun masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan loyalitas penumpang.Kesimpulan penelitian menyoroti pentingnya peningkatan kualitas layanan untuk memenuhi harapan penumpang dan menjaga loyalitas pelanggan.Manajemen DAMRI didorong untuk melakukan evaluasi dan perbaikan secara berkala terhadap aspek-aspek pelayanan utama untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas penumpang. Kata Kunci: Importance Performance Analysis, Customer Satisfaction Index, Kepuasan Penumpang, DAMRI, Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Transportasi S1
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:27
Last Modified: 28 Nov 2024 04:27
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2726

Actions (login required)

View Item View Item