ANALISIS LEAN SERVICE UNTUK MENGURANGI WASTE PADA PENGEMBALIAN CONTAINER DI PT. SUNGGONG LOGISTICS (TA.12.24.002)

Harahap, Juhairiah Afni (2024) ANALISIS LEAN SERVICE UNTUK MENGURANGI WASTE PADA PENGEMBALIAN CONTAINER DI PT. SUNGGONG LOGISTICS (TA.12.24.002). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pelayanan pelanggan harus memberikan pelayanan yang terbaik dan tidak merugikan pelanggan. Oleh karena itu Perusahaan forwarding harus mempertahankan dan meningkatkan sistem pelayanan kepada pelanggan. Tetapi pada proses pelayanan yang dilakukan PT. Sunggong logistics terdapat beberapa kegiatan yang mempengaruhi kerugian kepada pelanggan dikarenakan banyaknya detention yang terjadi pada saat pelayanan pengambilan sampai pengembalian tank container. Waste yang terdapat pada proses pengambilan sampai pengembalian container yaitu overproduction, lack of standardization, Lost of opportunity & miscommunication dan delay. Untuk itu dilakukan analisis identifikasi pemborosan dengan menggunakan lean service yaitu WRM waste relationship matrix dan WAQ waste assessment questioner, Kemudian menggunakan metode FMEA untuk mengetahui waste apa yang seharusnya diperbaiki terlebih dahulu dan memakai 5 whys untuk mengetahui akar penyebab waste yang didapatkan dan melakukan perhitungan waktu baku sebagai acuan untuk mencari waktu yang sebenarnya dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Diketahui pemborosan yang paling tinggi adalah lost of opportunity and miscommunication dengan final result sebesar 5,26 %, dilanjutkan dengan Overproduction dengan nilai sebesar 5,07%, selanjutnya delay 3,41 % dan yang terakhir adalah lack of standaritation sebesar 3,13%. Untuk ususlan perbaikan yang dilakuan untuk lost of opportunity and miscommunication diantaranya Menghubungi Consignee setiap H-1 tenggat waktu pengembalian container dan membuat soft file perpanjang DO sebelum H-1 tenggat pengembalian container, selain itu pihak SOC COC juga harus melakukan evaluasi tiap minggunya terhadap tenggat container yang dipinjam. Kata Kunci: detention, waste, lean service,waste relationship matrix, waste assessment questioner, falure mode effect analayze

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Logistik, Teknologi dan Bisnis > Manajemen Transportasi S1
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:33
Last Modified: 28 Nov 2024 04:33
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2733

Actions (login required)

View Item View Item