Sepdiana, Luluk Wira and Dewi, Nurlaela Kumala and Nariendra, Pradhana W. (2020) ANALISIS FORECASTING PERMINTAAN KARGO UDARA DAN STRATEGI MENINGKATKAN PASAR PADA PT.ANGKASA PURA LOGISTIK SEMARANG (13115117). Diploma thesis, STIMLOG INDONESIA.
Text
BAB I TA Alhamdulilah.pdf Download (85kB) |
Abstract
vii STIMLOG Indonesia ABSTRAK Luluk Wira Sepdiana, Analisis Forecasting Permintaan Kargo Udara dan Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada PT Angkasa Pura Logistik Semarang. Bandar Udara sebagai pintu gerbang lalu lintas udara dan sebagai titik distribusi dari sistem jaringan transportasi yang aman, efektif, dan efisien sesuai standar yang berlaku secara internasional. Kargo merupakan barang kiriman dan bagasi penumpang. Penelitian ini dilaksanakan di PT Angkasa Pura Logistik Semarang, ini bertujuan untuk mengetahui prediksi pertumbuhan permintaan kargo pada 4 tahun yang akan datang di PT Angkasa Pura Logistik Semarang dan untuk mengetahui strategi kualitas pelayanan yang dilakukan jika pertumbuhan permintaan kargo meningkat di PT Angkasa Pura Logistik Semarang. Peneliti mengumpulkan data dari PT Angkasa Pura Logistik Semarang berupa data pergerakan setiap komoditas kargo pertahun (2015-2018). Hasil penelitian menunjukkan saat ini komoditas permintaan kargo terdiri dari dangerous goods, general cargo, live animal, marine product, perishable cargo, special cargo dan valuable cargo. Berdasarkan hasil MAPE diantara beberapa metode peramalan, yang menggunakan metode trend linear yaitu komoditas dangerous good perumbuhan kargo sebesar 1.650 kg, general cargo sebesar 8.709.528 kg, marine cargo sebesar 110.357 kg, special cargo sebesar 78.656 kg, dan valueable cargo sebesar 15.665 kg. Untuk jumlah pertumbuhan permintaan kargo live animal dan perishable cargo menggunakan metode moving average pada 4 tahun yaitu sebesar 68.528 kg dan 1.936.539 kg. Hasil analisis data permintaan setiap komoditas naik signifikan pada tahun 2022 mencapai 1,3% hingga 27%. Dari hasil analisis awal menunjukkan bahwa PT Angkasa Pura Logistik Semarang berada di posisi kuadran 3 dengan skor (-) 0,534 dan (+) 0,828. Di tahun yang akan datang PT Angkasa Pura Logistik Semarang ingin meningkatkan posisi saat ini (kuadran 3) ke posisi kuadran 4 dengan strategi yang harus dilakukan yaitu dengan melakukan promosi jasa baik berupa media cetak maupun media sosial, dan memperbaiki kualitas pelayanan. Kata Kunci : Trend linear, Moving Average, Permintaan Kargo, dan SWOT.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HC Economic History and Conditions H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 18 Mar 2022 07:57 |
Last Modified: | 18 Mar 2022 07:57 |
URI: | http://eprint.ulbi.ac.id/id/eprint/279 |
Actions (login required)
View Item |