ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PEMBATALAN PASANGAN PADA BLUEBIRD KIRIM (TA.9.24.015)

MUHAMMAD JAQI RAJDAWALI, - (2024) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA PEMBATALAN PASANGAN PADA BLUEBIRD KIRIM (TA.9.24.015). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.

Full text not available from this repository.
Official URL: https://eprints.ulbi.ac.id

Abstract

ABSTRAK Layanan Bluebird Kirim, yang diluncurkan oleh PT Bluebird Group Tbk pada tahun 2020, mengalami peningkatan pembatalan pesanan yang signifikan dalam satu tahun terakhir. Fenomena ini memicu penurunan pendapatan, inefisiensi biaya operasional, dan dampak negatif pada reputasi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya pembatalan pesanan pada layanan Bluebird Kirim. Metode yang digunakan adalah Analisis Faktor Eksploratori (EFA) yang bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor laten yang mempengaruhi pembatalan pesanan. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang pernah menggunakan layanan Bluebird Kirim. Hasil analisis menunjukkan terdapat lima faktor utama yang mempengaruhi pembatalan pesanan, yaitu: (1) Kemudahan penggunaan aplikasi dan ketepatan pemesanan, (2) Fleksibilitas metode pembayaran dan kejelasan pemesanan, (3) Kelayakan pengemudi dan kendaraan, (4) Stabilitas aplikasi dan interaksi pengemudi, serta (5) Kesesuaian penawaran dan diskon. Faktor-faktor ini menunjukkan bahwa perbaikan dalam aspek-aspek tersebut dapat mengurangi tingkat pembatalan pesanan secara signifikan. Penelitian ini memberikan rekomendasi strategis bagi PT Bluebird Group Tbk untuk meningkatkan kualitas layanan Bluebird Kirim dengan fokus pada peningkatan kualitas aplikasi, fleksibilitas metode pembayaran, serta pelatihan pengemudi. Implementasi dari rekomendasi ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengurangi tingkat pembatalan pesanan di masa mendatang. Kata Kunci: Pembatalan Pesanan, Bluebird Kirim, Analisis Faktor, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Sekolah Vokasi > Logistik Bisnis D4
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 10 Dec 2024 07:25
Last Modified: 10 Dec 2024 07:25
URI: http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2911

Actions (login required)

View Item View Item