NAVILA RODA LEILANI, - (2024) UPAYA PERBAIKAN SERVICE LEVEL WAREHOUSE SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK CABANG BANDUNG 2 (CIMAHI) DENGAN METODE EOQ PROBALISTIK (TA.9.24.034). Diploma thesis, Universitas Logistik dan Bisnis Internasional.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK UPAYA PERBAIKAN SERVICE LEVEL WAREHOUSE PT SUMBER ALFARIA TRIJAYA TBK CABANG BANDUNG 2 (CIMAHI) DENGAN METODE EOQ PROBABILISTIK NAVILA ROSA LEILANI 6204175 Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas Muslim terbesar, menghadapi lonjakan permintaan barang selama Ramadhan dan menjelang Idul Fitri. Ini menimbulkan tantangan distribusi dan produksi, memerlukan kerjasama antara pemerintah, produsen, dan konsumen untuk menjaga ketersediaan produk. Manajemen persediaan yang efektif sangat penting, terutama bagi PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart), untuk menghindari overstock atau out of stock. Data dari gudang Alfamart menunjukkan 8 produk dengan selisih permintaan dan pengiriman tinggi, yang menurunkan service level gudang akibat out of stock. Penelitian ini menggunakan Metode EOQ Probabilistik untuk mengendalikan persediaan, menjaga stok gudang, dan meningkatkan service level. Metode ini menentukan jumlah pemesanan optimal, titik pemesanan ulang, cadangan pengaman, dan total biaya persediaan, dimulai dengan Uji Distribusi data menggunakan Metode Kolmogorov-Smirnov. Dari 8 item yang dilakukan perbaikan terdapat 3 item yang berhasil mencapai target perusahaan dan 5 item yang tidak mencapai target perusahaan. 4 item yang dapat dijadikan perbaikan untuk perusahaan diantaranya INDOMIE TORI MISO 86G mengalami kenaikan sebesar 78% dari 7% menjadi 85%, SEDAAP MIE SOTO 5X75G mengalami kenaikan sebesar 65% dari 12% menjadi 77%, LEMONILO GRG PEDAS KOREA 68/85G mengalami kenaikan sebesar 79% dari 8% menjadi 87%. Sedangkan 5 item yang belum mencapai target perusahaan diantaranya, INDOMIE RAWON MERCON 75G mengalami kenaikan sebesar 10% dari 12% menjadi 32%, INDOMIE TORI KARA 89G mengalami kenaikan sebesar 36% dari 7% menjadi 43%, SEDAAP MIE GRG 5X90G mengalami kenaikan sebesar 28% dari 18% menjadi 46%, NUSAKITA MYK GRG PCH 2L mengalami kenaikan sebesar 27% dari 3% menjadi 30%, ULTRA MILK UHT FC TP 200ML mengalami kenaikan sebesar 18% dari 32% menjadi 50%. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. dapat menerapkan metode EOQ probabilistik untuk meningkatkan service level warehouse pada 8 item dengan kontribusi selisih tertinggi. Penelitian selanjutnya disarankan fokus pada pemenuhan kebutuhan dari sisi supplier terhadap gudang. Kata kunci: Pengendalian Persediaan, Kehabisan Stok, Metode EOQ Probabilistik
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Sekolah Vokasi > Logistik Bisnis D4 |
Depositing User: | Unnamed user with email [email protected] |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 03:20 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 03:20 |
URI: | http://eprints.ulbi.ac.id/id/eprint/2928 |
Actions (login required)
View Item |